Sukses

Mau Punya Tubuh Bugar, Ini Waktu yang Harus Anda Habiskan Saat Berolahraga

Liputan6.com, Jakarta Demi miliki tubuh bugar, Anda butuh keseimbangan dalam mengatur antara kesibukan pekerjaan dan motivasi untuk melatih kebugaran tubuh. Begitu sulit bila tak ada kemauan dalam diri sendiri. 

Padatnya kesibukan kerap menurunkan motivasi untuk mewujudkannya. Jangan khawatir, dari beragamnya olahraga, pasti ada satu gaya yang cocok untuk Anda pilih untuk mendapatkan efeknya. 

Seringkali, campuran latihan kekuatan dan daya tahan dapat menghentikan Anda dari kebosanan yang berujung dengan rasa nyaman sambil menuai manfaatnya.

Namun, pernahkah Anda merasa kebingungan untuk membagi waktu ideal dari banyaknya pilihan olahraga setiap minggunya?

Penasaran? Berikut ulasan para pakar kesehatan melansir dari Live Science. 

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Pilihan olahraga serta waktunya

Berdasarkan laporan dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menjelaskan bahwa setidaknya orang dewasa melakukan aerobik intensitas sedang selama 150 menit per minggunya. Aktivitas tersebut seperti bersepeda atau berenang. 

Bagi orang dewasa Amerika pihaknya menambahkan sebaiknya dalam satu minggu butuh diselingi dua hari untuk aktivitas penguatan otot. 

Namun, bagi Anda yang memiliki waktu ketat sehingga cenderung menyukai aktivitas yang intens bisa dilakukan hanya dalam 75 menit dengan didominasi latihan intensitas kuat, di samping dua hari latihan kekukatan.

Hal ini juga didukung oleh Organisasi Kesehatan Dunia yang merekomendasikan 150-300 menit aktivitas fisik aerobik intensitas sedang hingga 75-150 menit latihan intensitas kuat untuk rata-rata orang dewasa.

3 dari 5 halaman

Berjalan kaki sebagai langkah awal

Langkah awal memulainya memang cenderung sulit, tetapi Anda bisa mencobanya selangkah demi langkah tanpa merasa terbebani melihat waktu yang harus Anda habiskan.

Jangan terlalu menekan diri yang membuat Anda merasa lemas sebelum mencobanya.

Bagi pemula, Anda bisa berjalan kaki selama 30 menit setiap hari sebagai permulaan untuk membangun kepercayaan diri Anda sedikit demi sedikit. 

 

4 dari 5 halaman

Penting untuk mengetahuinya

Satu hal yang tak kalah penting ialah mengetahui seberapa sering Anda harus berolahraga untuk menyusun pilihan olarga yang bisa dilakukan tiap minggunya.

Beberapa program kebugaran merasa bangga bila mereka bisa membuat Anda bugar dalam waktu enam minggu saja. Namun, Anda lupa bila hal itu tak berjalan berkelanjutan tidak memunculkan banyak perbedaan.

Sebuah studi yang diterbitkan di US National Library of Medicine menyatakan bahwa pelatihan yang berkepanjangan dapat meningkatkan indeks kebugaran fisik dari 80 menjadi 120 selama beberapa bulan.

Tentu, hal ini perlu diimbangi dengan yang lainnya seperti diet sehat dan istirahat yang cukup. Lagi-lagi, peneliti mengingatkan untuk jangan sampai menghentikan rutinitas yang sudah dijalankan secara rutin. Nantinya, hal ini akan berdampak buruk.

"Lima minggu setelah penghentian pelatihan yang efisien, perubahan elektrokardiogram yang dihasilkan oleh daya tahan telah menghilang."

 

5 dari 5 halaman

Konsistensi lebih penting

Pada akhirnya, konsisten menjadi kunci utama dalam menjalankan gaya hidup sehat dan miliki tubuh bugar. Dan jenis olahraga apapun yang Anda jalankan perlu dilakukan secara rutin.