Sukses

4 Cara Sederhana Membuat Kucing Minum Lebih Banyak Air

Ada banyak faktor yang membuat kucing sedikit minum, maka Inilah cara kamu dapat membantunya tetap terhidrasi.

Liputan6.com, Jakarta Sebagai pemilik kucing, bukan hanya kebutuhan dan akses makanan kucing saja yang perlu dipenuhi, tetapi juga yang berkaitan dengan minuman. Sebab air memegang peran penting untuk kesehatannya.

Untuk memastikan kucing kamu terhidrasi dengan baik bisa menjadi sesuatu yang rumit. Karena kita tidak mungkin selalu memantau aktivitas mereka dan menyuruh menghabiskan minuman sesuai takaran.

Tetapi ada beberapa cara mudah untuk mendorong kucing kamu minum lebih banyak air. Cobalah sederet trik ini di rumah seperti dikutip dari dailypaws.

1. Berikan Pilihan

Beberapa kucing suka menjilat dari mangkuk, sementara yang lain menikmati air mancur yang beriak. Cobalah siapkan beberapa jenis dispenser berbeda yang ditempatkan di seluruh rumah dan lihat apa reaksi kucing

Untuk kucing ekstra rewel, letakkan mangkuk yang terbuat dari bahan yang berbeda. Beberapa kucing mungkin menganggap mangkuk kaca lebih baik daripada plastik.

2. Tetap Segar dan Bersih

Jika segelas air telah didiamkan selama berhari-hari, kamu tentu tidak akan mau meminumnya. Kucing pun tidak berbeda, dia mungkin memalingkan hidungnya ke mangkuk airnya karena kotor dan basi. Maka dari itu, bersihkan mangkuknya secara teratur, bahkan mungkin setiap hari dan pastikan kucing tahu kalau kamu selalu menuangkan air baru.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Cobalah Berbagai Jenis Air

Bukan tentang air pancuran atau yang sudah tersedia di mangkuk, melainkan apa yang ada di dalam air. Kandungan fluorida dalam air keran memang baik membantu mencegah gigi berlubang dan penyakit gigi, tetapi teman kucing kamu mungkin menganggapnya menjijikkan.

Coba berikan dia air kemasan bebas fluoride atau gunakan filter air (filter tidak akan menghilangkan fluoride, tetapi mungkin membuat air keran terasa lebih enak). Selain itu, kamu juga bisa bereksperimen dengan suhu yang berbeda. Kebanyakan kucing lebih suka air minum mereka pada suhu kamar, tetapi beberapa mungkin menyukai air yang didinginkan dengan baik.

4. Isi Sampai Penuh

Jangan berhenti di mangkuk setengah air. Kucing suka airnya mencapai sampai penuh agar mudah menjilat. Meskipun, hal ni mungkin mengubah area minum mereka menjadi zona basah, jadi simpan handuk di dekatnya.

Selalu pantau seberapa banyak kucing kamu minum dan bicarakan dengan dokter hewan jika melihat ada perubahan besar. Sebab ini bisa menjadi tanda peringatan untuk sesuatu yang lebih serius, termasuk penyakit ginjal, hipertiroidisme, atau diabetes.

Setelah mendorong kucing untuk tetap terhidrasi, jangan lupa untuk selalu memberikan makanan terbaik bagi teman berbulu kamu. Percayakan kebutuhan nutrisi kucing pada Muezza, brand dry food yang terbuat dari bahan-bahan alami. Bebas bahan tambahan sintetik yang juga sudah tersertifikasi halal, cat food berkualitas ini memberikan banyak pilihan rasa pada pemilik kucing.

Muezza tersedia dalam 4 varian rasa lezat, dapatkan semuanya secara online di Shopee dan Tokopedia.Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.