Sukses

Menjelang Tidur, Ini Makanan yang Boleh dan Tidak Boleh Dikonsumsi

Liputan6.com, Jakarta- Tidur nyenyak penting untuk kesehatan Anda. Tidur nyenyak dapat membantu Anda mengurangi resiko terkena penyakit kronis tertentu. Secara umum, waktu tidur yang tepat adalah tujuh hingga sembilan jam setiap malamnya. 

Dikutip dari Healthline, Kamis (27/08/20), kualitas tidur yang baik dapat menjaga otak Anda untuk tetap sehat, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Dalam menjaga kualitas tidur yang baik, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan salah satunya Anda mengubah pola makan.

Berikut ini adalah makanan yang harus dikonsumsi dan yang harus Anda hindari agar dapat tidur nyenyak seperti dilansir dari Independent, Sabtu (16/09/21).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Makanan yang harus Anda konsumsi sebelum tidur

1. Pisang

Meskipun pisang adalah makanan penambah energi, namun buah ini kaya akan magnesium yang melemaskan otot dan mengandung serotonin dan melatonin. Sehingga dapat mendorong Anda untuk tidur.

2. Almond

Almond kaya akan triptofan dan magnesium, Ini akan membantu mengurangi otot dan saraf secara alami sekaligus menstabilkan irama jantung Anda.

3. Madu

Satu sendok madu dapat membantu menstimulasikan pelepasan melatonin di otak dan mematikan orexin yang membuat kita tetap waspada sehingga membantu kita untuk lebih santai. 

4. Oat

Ini adalah makanan yang kaya akan vitamin, mineral, dan asam amino yang dapat meningkatkan melatonin. Makanan ini dapat  mendorong produksi insulin.

3 dari 4 halaman

Makanan yang harus Anda hindari sebelum tidur

1. Alkohol

Satu gelas alkohol dapat membantu Anda tertidur namun alkohol juga dapat menghambat Anda untuk mendapatkan tidur yang nyenyak.

2. Keju

Keju mengandung asam amino sehingga membuat otak kita merasa waspada dan membuat Anda menjadi sulit untuk tidur.

 

4 dari 4 halaman

3. Makanan pedas

Selain mengganggu pencernaan, makanan pedas juga dapat membuat tubuh Anda sulit tidur dan menyebabkan tidur malam Anda menjadi kurang nyenyak. 

4. Makanan berlemak

Makanan ini sulit dicerna perut sehingga membuat kita mulas. Hal ini membuat kita sulit tidur. 

5. Kopi

Tentunya minum kopi sebelum tidur memberikan efek untuk tetap terjaga bahkan hingga 10 jam kemudian. Jangan mengkonsumsi kopi sebelum tidur jika ingin cepat tidur dan mendapatkan kualitas tidur yang nyenyak.

Penulis:

Stephanie 

Universitas Multimedia Nusantara