Sukses

5 Fakta Unik Tentang Kopi yang Tak Banyak Orang Ketahui

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang tidak menyukai kopi? Aroma yang luar biasa dan cita rasanya yang khas membuat kopi digemari oleh banyak orang. Bagi sebagian orang, mereka bahkan harus menyeduh secangkir kopi sebelum memulai harinya.

Minum secangkir kopi di pagi hari memberikan Anda energi dan semangat untuk menjalani hari-hari Anda. Meski memiliki manfaat untuk kesehatan Anda tapi kopi juga memiliki efek samping.

Selain itu banyak juga fakta-fakta unik tentang kopi yang mungkin belum kamu ketahui. Berikut fakta tentang kopi dilansir dari berbagai sumber:

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Kandungan Kafein pada Espresso Rendah

Bagi sebagian orang mungkin mengira bahwa kandungan kafein pada espresso lebih tinggi. Nyatanya, kafein pada brewed coffee lebih tinggi karena espresso membuat orang lebih konsentrasi.

Namun dilansir dari the Dailymeal, menurut USDA, hanya ada 64 miligram kafein dalam 1 dalam 1 penyajian kopi espresso. Pada umumnya kopi memiliki 95 miligram kafein dalam 1 penyajian.

3 dari 6 halaman

Brasil Produsen Kopi Terbesar di Dunia

Dilansir dari Dailymeal, data menunjukkan bahwa negara brasil bertanggung jawab atas sepertiga dari produksi kopi di dunia. Kemudian, dilansir dari statista.com, pada tahun 2018 brasil memproduksi sekitar 60 kilogram kantong kopi sebanyak 69 juta. Kemudian, Vietnam berada di urutan kedua yang memproduksi 60 kilogram kantong kopi sebanyak 29 juta.

4 dari 6 halaman

Kualitas Kopi yang Buruk Berbahaya untuk Kesehatan

Dilansir dari Forbes, biji kopi juga bisa mengandung mikotoksin, yaitu senyawa yang dihasilkan dari pertumbuhan jamur. Mikotoksin ini dapat menyebabkan kanker dan penyakit ginjal. Penelitian telah menunjukkan sebagian besar biji kopi yang ditanam untuk dijual terkontaminasi jamur (mikotoksin). Sehingga, hindari biji kopi yang terlihat mengkilat karena biji kopi tersebut berminyak yang menunjukkan telah kedaluwarsa.

5 dari 6 halaman

Kopi Dapat Menyebabkan Overdosis

Overdosis kafein yang membahayakan jiwa memang jarang terjadi, tapi hal tersebut mungkin saja terjadi. FDA menyarankan untuk mengonsumsi maksimal 400 miligram kafein per hari yang diperkirakan setara dengan 4 cangkir kopi.

Bila anda mengonsumsi lebih banyak dapat menyebabkan migrain, peningkatan denyut jantung, tremor otot, dan mual. Bahkan, Anda dapat merasakan efek samping yang lebih serius seperti kejang dan halusinasi. Kemungkinan hal itu akan terjadi bila Anda mengkonsumsi 1.200 kafein atau lebih. 

6 dari 6 halaman

Kopi Bermanfaat Bagi Kesehatan

Dilansir dari Insider, tingginya tingkat antioksidan dan nutrisi bermanfaat seperti riboflavin, magnesium, dan potasium. Menurut penelitian kopi memiliki manfaat kesehatan termasuk meningkatkan tingkat metabolisme tubuh Anda, meningkatkan potensi pembakaran lemak, dan meningkatkan tingkat energi Anda. Kopi juga dapat menurunkan risiko diabetes, penyakit alzheimer, dan jenis kanker tertentu.

 

Penulis:

Stephanie

Universitas Multimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.