Sukses

4 Cara Mengejutkan Alkohol Menyehatkan Anda

Liputan6.com, Jakarta Kita semua tahu bagaimana buruknya alkohol bagi tubuh, merusak hati seseorang, dan menyebabkan banyak masalah kesehatan. Tapi, pernahkah Anda mendengar bagaimana alkohol bisa bermanfaat bagi Anda?

Ya. Alkohol memiliki beberapa manfaat kesehatan bagi tubuh Anda, namun hanya bila dikonsumsi dalam jumlah yang lebih kecil atau kurang dari 1 gelas sehari untuk wanita dan kurang dari 2 gelas sehari untuk pria.

Berikut ini manfaat mengonsumsi minuman beralkohol seperti dihimpun dari TimesofIndia.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Hidup lebih lama

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum alkohol secukupnya dapat meningkatkan rentang hidup seseorang dan membantu seseorang hidup lebih lama. Ditemukan bahwa minum sedikit alkohol lebih baik daripada pesta minuman keras dan menunjukkan 25% penurunan risiko kematian.

Menurut sebuah studi 2018 yang diterbitkan dalam jurnal PLOS Medicine, orang yang minum dalam jumlah sedang jarang mati muda dibandingkan mereka yang tidak minum alkohol sama sekali.

 

3 dari 5 halaman

2. Mengurangi risiko gagal jantung

Minum berlebihan dapat menyebabkan masalah jantung yang serius, tetapi minum dalam jumlah sedang dapat mengurangi risiko gagal jantung. Ditemukan bahwa minum dalam jumlah sedang mengurangi kemungkinan terkena serangan jantung, stroke, atau arteri yang mengeras sebesar 25% hingga 40%.

Ini bisa jadi karena alkohol dalam jumlah kecil dapat meningkatkan kadar kolesterol high-density lipoprotein (HDL) yang baik untuk tubuh.

 

4 dari 5 halaman

3. Mencegah batu ginjal

Orang yang minum secara teratur tetapi dalam jumlah sedang memiliki risiko lebih rendah terkena batu ginjal. Itu karena alkohol membuat kita lebih sering buang air kecil, sehingga menjaga ginjal kita bersih dari kristal yang nantinya akan membentuk batu.

Penting untuk dicatat bahwa minum berlebihan dapat menyebabkan dehidrasi yang meningkatkan risiko batu ginjal. Jadi, penting untuk minum secukupnya dan menjaga tubuh Anda tetap terkendali.

 

5 dari 5 halaman

4. Menjaga kesehatan mental yang baik

Terlepas dari manfaat fisik dari minum alkohol, ada beberapa manfaat psikologis dari minum juga. Ditemukan bahwa orang yang minum alkohol secukupnya lebih bahagia dan riang.

Minum bersama teman juga meningkatkan suasana hati seseorang dan memungkinkan mereka menjadi lebih sosial dan pada gilirannya bahagia dalam kehidupan sosial dan pribadi mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.