Sukses

8 Alasan Mengapa Finlandia Jadi Negara Paling Bahagia di Dunia

Finlandia menjadi negara paling bahagia di dunia menurut World Happiness Report 2021

Liputan6.com, Jakarta - Setiap tahunnya, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) merilis daftar peringkat negara bahagia di dunia. Daftar tersebut dapat menunjukkan negara apa saja yang paling baik untuk ditinggali.

Di tahun 2021, Finlandia kembali menduduki peringkat teratas pada kategori negara paling bahagia di dunia menurut World Happiness Report.

Ini bukan kali pertama negara tersebut mendapat julukan negara paling bahagia di dunia. Pasalnya, Finlandia sudah menduduki peringkat satu sejak tahun 2018.

Penilaian survei kali ini fokus kepada bagaimana pemerintah dalam mengatasi pandemi Covid-19 dan dampak yang dirasakan oleh masyarakat akibat pandemi. 

Survei ini menggunakan jajak pendapat Gallup World Poll miliki The Gallup Organization. Lantas, mengapa Finlandia dinobatkan menjadi negara paling bahagia di dunia? Ini dia alasan seperti merangkum dari berbagai sumber.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

1. Santai dan Bebas

Satu hal yang membuat negara ini menjadi tempat terbaik untuk ditinggali adalah cara hidup masyarakatnya yang santai dan bebas.

Jika dibandingkan dengan negara barat lainnya, masyarakat di Finlandia sangat berdamai dengan dirinya sendiri.

Budaya di negara tersebut juga sangat hangat dan fokus pada kerja sama. Ini membuat masyarakatnya tidak merasa khawatir dengan dunia luar, sehingga mampu bertahan dalam menghadapi kehidupan serta masalah-masalah yang terjadi tidak terlalu membuat mereka kecewa.

3 dari 9 halaman

2. Pemandangan Alam yang Indah

Alam telah menjadi bagian besar dari kehidupan di Finlandia. Ibu kotanya dikelilingi oleh pulau, hutan, taman nasional dan laut. Masyarakat dapat menggunakan alam tersebut dengan bebas dan tetap bertanggung jawab.

Akses untuk menikmati pemandangan alam juga sangat mudah. Pemandangan alam yang indah ini dapat mengurangi stres bagi masyarakatnya.

4 dari 9 halaman

3. Menghargai Waktu

Masyarakat di Finlandia sangat menghargai waktu. Hal ini membuat jam kerja sangat diatur agar tidak berlebihan dan dapat menikmati waktu luang dan akhir pekan.

Kegiatan lembur di Finlandia sebisa mungkin harus dihindari karena itu dianggap sebagai kerja yang berlebihan.

5 dari 9 halaman

4. Tingkat Kejahatan Rendah

Tinggal di Finlandia membuat Anda merasa aman karena negara ini memiliki tingkat kejahatan yang sangat rendah. Masyarakatnya dapat dengan bebas berjalan sendirian di malam hari atau tempat yang sepi tanpa diselimuti rasa takut dan khawatir.

Finlandia bisa masuk ke dalam daftar liburan Anda jika ingin bepergian sendiri. Tetapi, bukan berarti di Finlandia tidak pernah mengalami tindakan kriminal.

6 dari 9 halaman

5. Sistem Pendidikan yang Baik

Pendidikan menjadi dasar kesejahteraan di Finlandia, maka sistem pendidikan di sana tertata dengan baik. Guru-guru di Finlandia memiliki pendidikan tinggi dan sangat dihormati. Semua masyarakat Finlandia berhak atas pendidikan dan mendapat kesempatan yang sama.

Sistem pendidikan di Finlandia terdiri dari pendidikan dan pengasuhan anak usia dini, pendidikan pra-sekolah dasar diberikan pada anak sebelum memulai wajib belajar, pendidikan komprehensif atau pendidikan wajib untuk anak usia sekolah dimulai dari usia 7-17 tahun.

Pendidikan menengah atas terdiri dari pendidikan umum dan kejuruan yang dimulai pada usia 18 tahun, pendidikan tinggi atau universitas, terakhir pendidikan dan pelatihan orang dewasa untuk menjadi profesional di dunia kerja.

7 dari 9 halaman

6. Kesetaraan

Hidup di Finlandia tidak membeda-bedakan setiap golongan, seperti si kaya dan si miskin. Semua orang dianggap sama dan setara tanpa memandang latar belakang sosial dan ekonominya.

Orang miskin di Finlandia tetap mendapatkan hak pendidikan dan kesehatan yang baik, begitu pun juga orang kaya. Tidak ada perbedaan di antara keduanya. Kelas menengah di Finlandia terbilang sangat besar dan tingkat kemiskinan yang kecil. Orang kaya di Finlandia banyak yang tidak menunjukkan kekayaannya.

8 dari 9 halaman

7. Praktis dan Serba Digital

Digitalisasi di Finlandia terbilang cukup maju karena masyarakatnya tidak takut mencoba sesuatu yang baru. Mereka sangat memanfaatkan perkembangan teknologi dan internet dalam kehidupan.

Urusan administrasi, layanan kesehatan dan yang lainnya dapat dengan mudah dilakukan dengan teknologi. Pemanfaatan teknologi tersebut dibuat untuk menghemat waktu, sehingga hanya butuh waktu beberapa menit untuk mengurus sesuatu di Finlandia.

9 dari 9 halaman

8. Lingkungan yang Bersih

Negara ini memiliki lingkungan yang bersih dan terawat karena masyarakatnya sangat menjaga lingkungan. Air-air yang bersih, jalanan tidak ada sampah dan udara yang bersih. Mereka sangat menghormati alam sekitarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.