Sukses

Jangan Dibuang, 7 Manfaat Menakjubkan Daun Anggur untuk Kesehatan

Daun anggur ternyata memiliki manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta - Daun anggur dapat dijadikan sebagai obat herbal untuk mengobati berbagai macam penyakit. Daun anggur, khususnya daun anggur merah, ternyata telah lama digunakan selama berabad-abad sebagai obat herbal dan pembungkus makanan.

Daun anggur dapat mengobati penyakit sariawan, keputihan, diare, hingga pendarahan rahim. Melansir dari Livestrong, daun ini diolah menjadi teh oleh penduduk asli Amerika untuk mengobati hepatitis, diare dan sakit perut.

Sedangkan daun yang telah layu digunakan untuk mengobati demam, sakit payudara, sakit kepala, dan sakit kepala. Di Yunani, daun anggur dijadikan sebagai pembungkus hidangan populer bernama dolmas.

Berikut beberapa manfaat daun anggur untuk mengatasi berbagai penyakit.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

1. Mengobati Diare

Mineral zinc yang terkandung pada daun anggur dapat melindungi dan memperbaiki mukosa usus.

Saat diare, mukosa usus mengalami kerusakan dan harus dipulihkan. Sehingga mengkonsumsi daun anggur adalah pilihan yang tepat untuk bantu atasi masalah tersebut.

3 dari 9 halaman

2. Cegah Sembelit

Mengalami sembelit dapat menjadi pertanda bahwa tubuh kekurangan serat. Sebab, serat bisa mencerna makanan dengan lancar, sehingga sisa-sisa makanan mudah dibuang oleh tubuh.

Kandungan serat pada daun anggur dapat mengatasi dan mencegah terjadinya sembelit. 

4 dari 9 halaman

3. Mengatasi Peradangan

Masalah peradangan dapat menyebabkan penyakit kronis, seperti radang sendi, maag, GERD, penyakit jantung, kanker, Alzheimer dan radang amandel.

Mengkonsumsi makanan yang sehat, terutama rendah inflamasi, merupakan cara yang tepat untuk mengatasi masalah peradangan. Oleh karena itu, daun anggur dapat menjadi pilihan untuk dikonsumsi karena bersifat anti-inflamasi, mengandung antioksidan dan omega-3.

5 dari 9 halaman

4. Mengontrol Gula Darah

Pengidap diabetes dapat menambahkan daun anggur ke dalam daftar menu makanan. Ini karena daun anggur memiliki kandungan glikemik yang rendah dan serat yang tinggi. Sehingga dapat mengontrol serta menurunkan kadar gula darah.

6 dari 9 halaman

5. Meningkatkan Fungsi Pencernaan

Kandungan serat yang tinggi terbukti dapat meningkatkan fungsi pencernaan. Selain itu, makanan yang masuk ke dalam tubuh juga diserap dengan baik.

7 dari 9 halaman

6. Cegah Anemia

Tubuh membutuhkan mineral zat besi untuk pembentukan hemoglobin pada sel darah merah. Daun anggur mengandung mineral zat besi dan vitamin C yang dibutuhkan tubuh. Sehingga anemi dapat dicegah jika konsumsi makanan olahan daun anggur.

8 dari 9 halaman

7. Cegah Kanker

Kandungan antioksidan di dalamnya berfungsi untuk mencegah sel kanker berkembang biak serta menghambat pertumbuhan tumor. Konsumsi daun anggur secara rutin dipercaya dapat mencegah penyakit kanker.

9 dari 9 halaman

8. Mengurangi Kram Otot

Daun anggur mengandung mineral magnesium yang bermanfaat untuk mengatasi kram otot. Mineral ini bekerja sebagai pelemas otot di seluruh tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.