Sukses

5 Buah yang Bantu Menurunkan Berat Badan

Liputan6.com, Jakarta - Sudah menjadi rahasia umum bahwa buah menjadi bagian dari pola makan yang sehat. Buah-buahan memiliki nutrisi penting yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Dari beragam nutrisi yang diberikan bisa menghasilkan berbagai manfaat baik.

Untuk yang sedang menurunkan berat badan juga diperlukan menjaga pola makan. Nutrisi dalam setiap makanan yang akan dikonsumsi mesti diperhitungkan agar sesuai dengan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh. Nutrisi dalam buah juga bisa membantu dalam proses penurunan berat badan.

Gula alami pada buah juga bisa menjadi pengganti jika Anda menyukai makanan manis. Berikut ini beberapa buah yang sangat baik dikonsumsi, apalagi bagi Anda yang sedang dalam program penurunan berat badan, seperti melansir dari Verywell Fit, Jumat (30/4/2021).

2 dari 7 halaman

1. Apel

Buah apel yang memiliki tekstur renyah dan berair ini akan memberikan efek yang mengenyangkan saat mengkonsumsinya. Salah satu penelitian ilmiah menyebutkan bahwa apel dapat membantu menurunkan berat badan.

Apel yang kaya akan serat ini diklaim bisa meningkatkan perasaan kenyang dan dapat menangkal rasa lapar yang dialami.

3 dari 7 halaman

2. Semangka

Semangka yang rendah kalori juga memiliki kandungan air yang tinggi sehingga bisa membantu Anda menurunkan berat badan. Untuk itu, Anda bisa mengkonsumsi semangka sebanyak dua cangkir dengan kurang dari 100 kalori karena semangka mengandung 92% air di dalamnya.

Mendapatkan air ekstra dari semangka akan membantu mempromosikan kebiasaan makan yang seimbang, karena tetap terhidrasi bisa meningkatkan pengaturan nafsu makan. Selain itu, semangka juga bisa memuaskan rasa manis yang Anda sukai dan membuat tubuh tetap terhidrasi.

4 dari 7 halaman

3. Rasberi

Raspberi memang memiliki ukuran yang kecil. Meski begitu, buah ini memiliki khasiat dan manfaatnya luar biasa. Kandungan serat yang luar biasa pada raspberi ini bisa meningkat rasa kenyang, mengatur pencernaan, dan memberikan manfaat kesehatan lainnya yang juga tak kalah penting.

Dalam secangkir rasberi memberikan 80 kalori dan menawarkan 36% asupan sehat harian yang sangat baik untuk tubuh. Harvard Health juga menjelaskan bahwa perubahan sederhana terjadi dengan mendapatkan serat lebih banyak bisa menurunkan berat badan sebanyak 2 kg lebih tanpa merubah pola makan atau gaya hidup lainnya.

 

5 dari 7 halaman

4. Jeruk Bali

Jeruk Bali ini memberikan banyak nutrisi yang baik untuk tubuh, salah satunya bisa membantu menurunkan berat badan. Setengah dari jeruk bali ukuran sedang hanya memiliki 60 kalori, karena lebih dari 90% terkandung air di dalamnya.

Penelitian telah menemukan bahwa di dalam jeruk Bali terdapat senyawa bernama naringin yang bisa menurunkan kadar gula darah dan mendorong penurunan berat badan. Jeruk Bali dapat dinikmati secara utuh atau bisa juga dengan memerasnya ke dalam air untuk dicampurkan.

Namun, jeruk Bali bisa berdampak buruk bagi kesehatan saat dikonsumsi bersamaan obat-obatan tertentu.

 

6 dari 7 halaman

5. Jeruk

Tak hanya jeruk Bali, Anda juga bisa mengkonsumsi jeruk biasa untuk membantu menurunkan berat badan. Tingginya serat dan kandungan air dalam jeruk ini yang akan membantu Anda merasa lebih kenyang sekaligus memberikan tubuh Anda vitamin C.

Jeruk pun bisa dikonsumsi dengan berbagai cara. Bisa dimakan langsung untuk camilan, tambahkan jeruk ke salad buah favorit, atau menjadi smoothie bersama buah yang lain pun enak untuk dinikmati.

 

Beberapa buah di atas bisa menjadi pilihan yang baik untuk Anda yang sedang berupaya menurunkan berat badan. Namun, jika ternyata buah menghalangi upaya penurunan berat badan yang dilakukan, cobalah dapatkan nutrisi yang sama dari sayuran.

Penulis:

Gerda Faradila

Politeknik Negeri Media Kreatif

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: