Sukses

Manfaat Membaca Surat Yasin, Mudah dalam Sakaratul Maut dan Dianggap Mati Syahid

Surat Yasin ini diturunkan di Kota Makkah sebelum Nabi Muhammad SAW berhijrah ke Kota Madinah. Untuk itu, surat Yasin tergolong dalam surat Makkiyah.

Liputan6.com, Jakarta Surat Yasin punya banyak manfaat yang terkandung di dalamnya. Biasanya surat ini dibaca pada hari Jumat. Namun, Yasin tidak hanya baik di hari besar umat Islam itu, melainkan juga bisa dibaca kapan saja.

Membaca kitab suci Al Quran pada dasarnya adalah berzikir kepada Allah SWT. Maka, seseorang yang memperbanyak zikir, niscaya akan mendapat ketengan hati. Terlebih bila surat yang dibaca adalah surat Yasin.

Allah SWT berfirman: “(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” (Ar Ra’ad: 28).

Surat ini diturunkan di Kota Makkah sebelum Nabi Muhammad SAW berhijrah ke Kota Madinah. Untuk itu, surat Yasin tergolong dalam surat Makkiyah.

Surat penuh berkah ini punya tiga pokok yang terkandung di dalamnya, yaitu berisi tentang penguatan iman kepada hari kebangkitan, kisah terkait orang-orang terdahulu yang hidup di desa, serta dalil-dalil tentang keesaan Allah SWT.

Selain itu, surat Yasin juga berisi informasi mengenai surga dan sifat-sifatnya. Di mana surga ini kelak disediakan bagi orang-orang yang beriman kepada Allah SWT. Surat yang terdiri dari 83 ayat ini berjuluk jantungnya Al Quran.

Merangkum dari sejumlah sumber, berikut tiga kebaikan bagi orang mukmin bila membaca surat Yasin.

1. Dianggap Mati Syahid

Fadhilah surat Yasin yang dijelaskan dalam hadis riwayat At Thabrani disebutkan bahwa seseorang yang membaca surat Yasin di malam hari maka keesokan paginya dosa-dosa orang tersebut akan diampuni.

“Siapa yang membaca (surat) Yasin pada malam hari dengan mengharap keridoan Allah maka diampuni dosa-dosanya.” (HR. At Thabrani dan Al Bayhaqi, dari Abu Hurairah ra).

Tak heran bila dalam riwayat At Thabrani lainnya dijelaskan bahwa seseorang yang rutin membaca surat Yasin setiap malam maka ia akan dipermudah ajalnya. Dan ia meninggal dalam keadaan syahid.

“Barang siapa yang membiasakan membaca Yasin setiap malam maka tanpa terduga dia menemui ajalnya, maka matinya dalam keadaan syahid.” (HR. At Thobroni, dari pernyataan Anas bin Malik).

 

Saksikan Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Mempermudah Sakaratul Maut

Membaca surat Yasin juga dipercaya dapat membantu sakaratul maut agar lebih mudah. Sebagaimana dijelaskan dalam tafsir Al Quran Al Azhim.

“Membaca surat Yasin disisinya mayat akan menurunkan banyak rahmat dan berkah dan memudahkan keluarnya ruh .”

“Disunahkan membaca surat Yasin di samping seseorang yang sedang menghadapi kematian.”

3. Terhindar dari Siksa Kubur

Surat Yasin yang luar biasa diyakini bisa meringankan kita dari siksa kubur yang mengerikan.

“Barang siap yang mengunjungi makam seseorang dan membacakan surat Yasin maka pada hari itu Allah SWT meringankan siksa kubur mereka dan diberikannya kebaikan bagi sejumlah penghuni kubur.” (Tafsir Nur Ats Tsagalayn).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.