Sukses

Bebas Insomnia, Lakukan Cara Ini Agar Tidur Nyenyak di Malam Hari

Liputan6.com, Jakarta - Sulit tidur atau insomnia tentu sangat mengganggu setiap individu untuk menerapkan pola hidup sehat. Mereka yang mengalami sulit tidur sering kali tidak merasakan tidur nyenyak.

Padahal tidur nyenyak sangat dibutuhkan bagi tubuh untuk menjaga metabolisme. Sehingga tubuh mendapat tidur berkualitas untuk energi di hari esok.

Gangguan sulit tidur biasanya disebabkan oleh kebiasaan sebelum tidur yang buruk. Seperti meminum kopi maupun tidur siang yang terlalu lama. Gangguan ini juga dapat disebabkan oleh penyakit tertentu.

Salah satu cara agar mendapat tidur yang nyenyak yakni dengan mengubah kebiasaan buruk sebelum tidur. Hindari meminum kopi agar mata tidak terjaga sepanjang malam. Cara lain yang dapat dilakukan yakni dengan mengatur pendingin ruangan.

Nah, ada beberapa cara lainnya agar Anda tidur nyenya di malam hari, seperti dilansir dari BrightSide, Rabu (10/02/2021).

2 dari 6 halaman

1. Biarkan Otot Rileks

Jika sering terbangun di tengah malam, Anda dapat meregangkan otot tubuh. Otot yang tegang dapat menjadi penyebab sulit tidur dan tidak nyenyak. Sehingga Anda perlu membuat otot-otot itu menjadi rileks mulai dari dahi hingga jari kaki. Anda hanya perlu melakukannya selama 5 detik secara bertahap.

2. Atur Suhu Ruangan Agar Tetap Dingin

Suhu ruangan yang dingin ternyata dapat menghindari kebiasaan miimpi buruk. Menurut peneliti, suhu ruangan yang sejuk menjadi salah satu faktor penting untuk mendapatkan tidur malam yang nyenyak.

Sementara, suhu ruangan yang selalu hangat merupakan hal buruk untuk kualitas tidur. Idealnya, suhu kamar berada di sekitar 18,3°C untuk membuat tubuh nyaman. Tetapi jika suhu ruangan sekitar 15,5°C hingga 19,4°C, hal itu juga baik bagi tubuh. Sebab pada malam hari tubuh diprogram untuk menurunkan suhunya. 

3 dari 6 halaman

3. Hindari Tidur Siang Lebih dari Jam 3 Sore

Tidur siang dapat menyebabkan sulit tidur pada malam hari. Ini karena tubuh merasa sudah mendapatkan tidur yang cukup, sehingga pada malam hari tubuh akan berjaga sampai larut malam. Hindari kebiasaan tidur siang lebih dari jam 3 sore. 

Jika membutuhkan tidur di siang hari, Anda harus mengatur durasi tidur menjadi lebih pendek sekitar 20 menit. Semakin lama waktu tidur siang, tubuh akan menjadi tidak nyaman ketika bangun.

4. Coba Bernapas dengan Perut

Jika merasa cemas atau tegang ketika ingin tidur, Anda dapat mencoba teknik pernapasan perut. Perasaan cemas dan tegang dapat membuat napas menjadi cepat dan kemungkinan untuk tidur nyenyak akan menurun.

Pertama, tarik napas melalui hidung selama 4 detik. Kedua, tahan napas selama 7 detik. Ketiga, buang napas melalui mulut selama 8 detik. Lakukan cara tersebut sampai 4 kali.

4 dari 6 halaman

5. Praktik Menulis

Mungkin cara ini terdengar aneh, tetapi berdasarkan penelitian, latihan menulis peristiwa positif sebelum tidur dapat mengurangi stres dan meningkatkan kualitas tidur. Cara ini dapat diterapkan jika Anda merasa kesulitan tidur dan sulit mendapatkan tidur nyenyak.

Luangkan waktu 15 menit setiap malam untuk menulis tentang kejadian positif yang dialami saat hari itu. Anda juga dapat menulis sesuatu yang membuat perasaan kecewa. Praktik ini sama seperti menulis buku harian setiap malam.

6. Ucapkan Kata "Jangan Berpikir" Secara Berulang

Jika mengalami sulit tidur, ucapkan kata "jangan berpikir" secara berulang-ulang selama 120 detik. Trik ini dipercaya ampuh untuk mengatasi kesulitan tidur.

Biasanya, 10 detik terakhir Anda sudah mulai merasakan kantuk dan siap untuk tidur. Jika belum mengantuk, terus lakukan cara ini sampai benar-benar mengantuk.

5 dari 6 halaman

7. Niatkan Diri untuk Tetap Terjaga

Coba lakukan niat paradoks dengan mengatakan pada diri sendiri untuk tetap terjaga saat malam. Meskipun cara ini dianggap aneh oleh sebagian orang, tetapi menyuruh diri sendiri untuk tetap terjaga di malam hari dipercaya dapat membuat Anda tidur lebih cepat.

Cara ini dianggap lebih efektif dibanding melakukan latihan pernapasan tradisional. Bahkan jika seseorang itu mengalami insomnia.

8. Tekan Titik Relaksasi di Bawah Telapak Tangan

Pada bagian bawah telapak tangan, terdapat titik relaksasi yang dapat membuat tidur nyenyak. Titik pertama terletak di bawah telapak tangan sejajar dengan kelingking.

Sementara, titik kedua terletak dengan jarak tiga jari ke bawah dari pergelangan tangan. Tekan secara perlahan dengan gerakan memutar atau naik turun selama 2 sampai 3 menit agar otot terasa rileks. 

Penulis:

Syifa Aulia

UPN Veteran Jakarta

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: