Sukses

Peduli Kucing Kesayangan, Ketahui 10 Bau yang Paling Mereka Benci

Kebanyakan kucing tidak menyukai bau yang juga tidak disukai manusia. Namun, ada juga beberapa bau menarik lainnya yang mereka benci tetapi mungkin kita nikmati.

Liputan6.com, Jakarta Hidung kucing merupakan bagian kecil yang lucu untuk mencium atau mengendus setiap hal yang dia temui, baik itu benda, manusia, maupun binatang lainnya. Jika kamu memiliki kucing peliharaan, pernahkah terpikirkan jenis bau-bau apa saja yang tidak mereka sukai dan dihindari? 

Kebanyakan kucing tidak menyukai bau yang juga tidak disukai manusia. Namun, ada juga beberapa bau menarik lainnya yang mereka benci tetapi mungkin kita nikmati. Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini ada 10 bau  yang dibenci kucing. Beberapa dari mereka mungkin sudah kamu ketahui, sedangkan yang lain mungkin mengejutkan.

1. Jeruk dan lemon

Aroma pertama adalah buah jeruk dan lemon. Padahal, makanan ini digunakan sebagai penolak alami untuk kucing yang tidak diinginkan di area tertentu, seperti taman. Kucing tidak hanya tidak menyukai baunya, tetapi juga membenci rasa buah jeruk dan lemon.

2. Pisang

 

Pisang adalah buah lain yang bisa menjauhkan kucing karena aromanya. Meski enak dan kaya kalium, kucing sepertinya tidak terlalu suka dengan aroma ini. Banyak orang menggosok kulit pisang di sofa atau meja untuk menjauhkan kucingnya dari sana.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

3. Kotak pasir yang penuh kotoran

Siapa yang suka pergi ke kamar mandi yang bau? Hal yang sama berlaku untuk kucing ketika kotak pasirnya kotor. Jika itu terjadi berlarut-larut, mereka tidak ingin mendekatinya. Sehingga membuat mereka buang air di tempat lain. Jadi, jangan lupa sediakan kotak kotoran kucing yang cukup, dan pastikan dibersihkan secara rutin!

4. Pinus

Meskipun beberapa pasir alami terdiri dari jenis bahan ini, sehingga lebih menyenangkan bagi kucing, kamu tidak boleh menyalahgunakan intensitas penciuman ini. Melakukan hal itu akan berdampak sebaliknya pada kucing, yang pada akhirnya membenci pasir dan menolaknya. Sebaliknya, pilihlah pasir beraroma netral sehingga kucing kamu nyaman dengan kotak pasirnya dan menggunakannya daripada pergi ke tempat lain.

5. Ikan yang sudah lama

Banyak kucing yang tidak menyentuh makanan yang sudah lama, sekalipun ikan yang ia sukai. Ini karena ada perbedaan besar antara menyukai rasa ikan dan menyukai baunya setelah hilang. Kamu juga perlu memastikan bahwa sampah tertutup rapat sehingga tidak berbau dan mengganggu kucing yang indra penciumannya lebih tinggi dibandingkan dengan manusia.

 

 

3 dari 5 halaman

6. Merica

Kucing tidak menyukai bau makanan yang pedas atau berbumbu berat seperti lada, mustard, atau bahkan kari. Indra penciuman mereka menganggapnya seolah-olah beracun. Oleh karena itu, jika kamu memberikan makanan sebaiknya biarkan tetap polos. Kucing menyukai daging yang dimasak tanpa bumbu.

Selain daging, kamu juga perlu memberikan makanan kucing yang memiliki kandungan bermanfaat adalah Muezza. Ini merupakan brand makanan kering (dry food). Sebagai makanan dry food, Muezza sangat cocok dikonsumsi untuk kucing dewasa karena mengandung protein yang berkualitas tinggi.

 

Selain itu, Muezza mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh si kucing, mengoptimalkan sistem pencernaan, menstimulasi penglihatan kucing, dan mengurangi bau kotorannya. Muezza juga tersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee Of Thailand.

Agar lebih praktis, kamu bisa mendapatkan Muezza dengan paket bundling sekaligus. Tentu dengan varian rasa dan harga yang terjangkau. Sebagai contoh, kamu bisa mendapatkan paket bundling dengan 2 varian sampai 3 varian rasa dari Muezza.

Muezza juga memiliki varian rasa, seperti Mackerel Flavor, Ocean Fish Flavor, Tuna Flavor, dan Salmon Flavor. Yuk segera beli varian rasa terfavoritnya di Shopee dan Tokopedia.

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia

 

7. Sabun dan deodoran

Kucing tidak menyukai bau kimiawi yang kuat. Hati-hati dengan sabun dan produk pembersih yang kamu gunakan di sekitar rumah. Hati-hati dengan produk yang kamu gunakan untuk membersihkan kotak kotoran dan mangkuk makanannya karena harus tidak beracun bagi kucing. Jaga agar tetap polos dan alami!

4 dari 5 halaman

8. Minyak esensial

Kucing menyukai sebagian besar bunga dan tanaman, mereka dapat berinteraksi dengannya tanpa masalah. Namun, karena indra penciumannya yang kuat, mereka bermasalah dengan minyak esensial. 

Minyak esensial adalah cairan hasil ekstrak dari bagian tanaman tertentu, baik dari daun, bunga, kulit, ataupun batangnya. Beberapa contoh minyak esensial meliputi minyak mawar, minyak lavender, minyak kayu putih, dan minyak tea tree. Aroma-aroma itu terlalu kuat dan dapat menyebabkan reaksi yang cukup parah. Belum lagi fakta bahwa ada beberapa tumbuhan yang beracun bagi kucing. 

9. Parfum

Aroma selanjutnya yang tidak disukai kucing adalah aroma parfum. Tentu saja bagi kamu, parfum bisa meningkatkan kepercayaan diri karena memberikan wewangian pada tubuh atau pakaian.

Namun hal ini berbanding terbalik dengan kucing. Kucing tidak menyukai bau parfum. Bahkan kucing bisa keracunan karena parfum. Karena banyak parfum yang mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi kucing. Jadi bila ingin menggunakan parfum, menjauhlah dari kucing terlebih dahulu.

 

5 dari 5 halaman

10. Asap

Aroma satu ini tentunya tidak hanya kucing saja yang tidak suka, bahkan manusia sekalipun banyak juga yang tidak menyukainya. Namun hal ini berkaitan dengan kamu yang memiliki kebiasaan merokok. Asap selain tidak disukai kucing bahkan bisa membahayakan kesehatannya juga.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa kucing yang hidup dengan majikan yang merokok dapat terkena kanker darah dan sistem kekebalan tubuhnya menjadi rusak. Oleh karena itu, asap memang tidak baik untuk kucing, bukan hanya menjadi aroma yang tidak disukainya.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.