Sukses

Keren, Seniman Turki Buat Lukisan Unik dari Potongan Denim

Liputan6.com, Jakarta Seniman Turki Deniz Sağdıç membuat publik terpukau dengan karya seni ciptaannya. Jika biasanya seniman membuat lukisan dengan cat, Deniz memutuskan untuk membuat potret detail yang memukau dari potongan denim. Dia menggunakan corak kain dengan warna berbeda untuk menonjolkan detail terkecil sekalipun.

 

Sejak kecil, Deniz memang dibesarkan dengan keluarga seniman dan pengrajin. Ayahnya adalah seorang ahli kaca patri, pamannya adalah seorang tukang dan pematung kayu, sedangkan bibinya bekerja sebagai penjahit. Tak heran Deniz telah mengenal seni sejak usia sangat dini.

Sejak sekolah dasar, Deniz menghabiskan banyak waktu di bengkel ayahnya, membantunya menyiapkan bahan dan memotong jendela kaca patri. Dia juga menghabiskan banyak waktu di toko penjahit bibinya. Saat dewasa Deniz memutuskan masuk ke Fakultas Seni.

Setelah lulus dari Fakultas Seni Rupa Universitas Mersin, Deniz memutuskan untuk pindah ke Istanbul dan membuka usaha pertamanya. Selama tahun-tahun pertamanya sebagai seniman, ia fokus pada lukisan di atas kanvas, menjelajahi batas-batas bahan seperti cat minyak dan akrilik.

 

 

2 dari 5 halaman

Mencoba Berkreasi dengan Berbagai Benda

Deniz bekerja dengan segala macam benda yang biasa digunakan orang dalam kehidupan sehari-hari, seperti sampul kaset, koin kuno, ensiklopedia. Saat itulah dia menyadari bahwa ketika orang melihat seni dibuat dari bahan yang sudah dikenal, mereka jauh lebih tertarik padanya. Begitulah cara dia memilih denim. Saat membuat potret denimnya yang luar biasa, Deniz memastikan untuk tidak menyia-nyiakannya.

3 dari 5 halaman

Mengkreasikan Potongan-Potongan Denim

Dia memiliki potongan di mana dia hanya menggunakan ikat pinggang jeans, yang lain dibuat hanya dengan potongan di sekitar kancing, dan bahkan beberapa dibuat dengan celana jeans utuh.

Dia memotong bagian yang tersisa menjadi bentuk apa pun yang dia butuhkan dan menggunakannya untuk membuat karya seni lain. Pada awalnya, Deniz menggunakan jeans yang dibeli dari toko barang bekas dan bahkan memanfaatkan pakaian denim dari lemari pakaiannya sendiri, tetapi seiring perkembangan proyeknya, dia mulai bekerjasama dengan perusahaan denim di Turki.

4 dari 5 halaman

Butuh Waktu Dua Hari hingga Satu Bulan

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Deniz Sağdıç (@denizsagdicart)

Saat memulai sebuah proyek, Deniz memilih foto yang ingin dia tiru, mencetaknya dalam format besar dan mulai memilih denim yang sesuai berdasarkan tone-nya. Deniz telah mengembangkan delapan teknik berbeda untuk membuat potret denim, seperti teknik spiral dan teknik kliping, jadi langkah terakhir adalah memutuskan teknik mana yang akan dipilih.

Deniz bekerja sekitar 16 jam sehari sementara pengerjaan potret denimnya dapat memakan waktu antara dua hari hingga satu bulan, tergantung pada ukuran dan kerumitannya.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: