Sukses

Tips Belajar Bahasa Inggris Bagi Pemula dengan Mudah dan Cepat

Saat ini kemampuan untuk bisa berbicara maupun menulis bahasa Inggris sangat diperlukan.

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini kemampuan untuk bisa berbicara maupun menulis bahasa Inggris sangat diperlukan. Hal ini seiring perkembangan zaman dan kemajuan teknologi yang sangat pesat. Kita pun diwajibkan untuk menguasainya.

Bahasa Inggris sendiri memang menjadi acuan untuk bahasa ibu secara internasional. Bahasa ini menjadi bahasa internasional karena merupakan salah satu bahasa tertua yang ada di dunia. Jadi, setiap negara manapun diwajibkan untuk membuat suatu pedoman dengan menggunakan bahasa tersebut.

Kadang untuk mempelajari suatu bahasa asing memang dibutuhkan niat yang ekstra. Karena sesuatu yang asing bagi kita butuh waktu yang tidak sebentar untuk memahaminya. Sekarang pun bahasa Inggris telah menjadi standar wajib kurikulum pendidikan yang ada di Tanah Air.

Bahkan, tidak jarang sekolah atau kampus yang mewajibkan setiap pelajar dan pengajarnya untuk menggunakan bahasa tersebut dalam berdiskusi sehari-hari. Untuk itu, buat Anda yang ingin belajar bahasa Inggris dengan mudah, mari simak ulasan tips nya berikut ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Pelajari kata-kata dasar

Nah, sebelum Anda ingin memulai belajar bahasa Inggris dengan berbicara kepada orang asing, coba mulai lah dulu dengan menghafal kata-kata dasar yang sering diucapkan secara umum.

Carilah kata-kata yang diucapkan dalam kegiatan sehari-hari untuk memudahkan Anda menghafalnya. Kata tersebut bisa berupa, aku, kamu, anda, kita, apa kabar, sedang apa, mau kemana, terima kasih, selamat pagi/siang/malam, dan yang lainnya.

3 dari 6 halaman

Menonton film berbahasa Inggris

Kita semua pasti dong suka menonton film, entah itu yang bergenre komedi, horor atau yang romantis sekalipun. Nah, hal ini bisa kamu manfaatin buat belajar bahasa Inggris ketika Anda sedang menonton film yang berbahasa tersebut.

Cukup mudah kok, kamu tinggal mencerna dan kemudian menghafal secara berulang-ulang kata-kata dari dialog yang ada di film tersebut. Nah, jika sudah paham sekiranya, coba berlatih untuk menghafal dengan menonton film tersebut tanpa menggunakan subtitle. Hal ini akan mempertajam ingatan kamu dalam belajar bahasa Inggris.

4 dari 6 halaman

Mendengarkan lagu bahasa Inggris dan menghafalnya

Selain itu, ada cara lain yang juga bikin kamu efektif untuk belajar bahasa Inggris. Yaitu, Anda bisa dengan cara mendengarkan lagu favorit Anda kemudian Anda bisa mulai dengan menulis liriknya tersebut.

Setelah itu, lirik lagu tersebut bisa Anda tulis ulang dan Anda terjemahkan apa arti dan maknanya dalam bahasa Indonesia untuk melatih kemampuan bahasa Inggris mu. Lakukan hal tersebut secara berulang-ulang agar Anda bisa dengan mudah menghafal setiap arti kata dalam lirik lagu tersebut.

5 dari 6 halaman

Membuat kamus yang berisi kosakata

Setelah Anda menghafal dialog film dan lirik bahasa Inggris yang Anda suka, Anda perlu melakukan hal ini. Ya, cobalah setiap kata yang Anda hafal dari film dan lagu tersebut Anda tuangkan kembali dalam bentuk tulisan.

Anda bisa mengumpulkan kata-kata tersebut menjadi sebuah kamus kosakata yang bisa Anda gunakan untuk menghafal kata-kata yang telah Anda pelajari. Hal ini akan membuat Anda lebih mudah untuk mengingat kata-kata dalam bahasa Inggris yang telah dipelajari.

6 dari 6 halaman

Belajar lewat video atau podcast

Di dunia digital yang sudah serba canggih ini, jangan lupa untuk memanfaatkan internet. Cobalah akses berbagai macam video atau podcast yang bisa membantu kamu memperdalam kemampuan berbahasa asing.

Banyak sekali platform streaming untuk Anda bisa belajar soal bahasa Inggris lewat berbagai video tutorial, misalnya Grammar, Vocabulary, Pronunciation, IELTS, TOEFL, dan seterusnya.

Tidak hanya itu, bermain gim jiuga bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggris Anda. Hal ini karena panduan dalam sebuah video gim menggunakan bahasa Inggris. Jadi lama-kelamaan Anda akan terbiasa dan dapat memahami makna dari kata yang ada dalam game itu.

Nah, buat Anda yang mau belajar bahasa Inggris online gratis bisa coba akses berbagai macam video edukasi yang ada di platform streaming Vidio. Yuk, download Vidio sekarang juga untuk mengetahui berbagai macam video yang bisa bikin kamu lancar berbahasa Inggris. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.