Sukses

5 Alasan Aroma Tubuh Berubah Semakin Bertambahnya Usia

Berikut ini beberapa alasan utama mengapa kita memiliki aroma tubuh yang berbeda seiring bertambahnya usia.

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah kalian merasa bahwa semakin bertambahnya usia, aroma tubuh menjadi berubah? Ya, aroma tubuh seseorang selalu berubah seiring bertambahnya usia karena banyak faktor.

Hal tersebut bisa diakibatkan karena kesehatan, obat yang diminum, gaya hidup, pola makan dan perubahan hormonal. Deretan hal tersebut dapat mengubah aroma tubuh kita lantaran lebih banyaknya produksi keringat atau karena perubahan kimiawi kulit.

Satu eksperimen bahkan menunjukkan bahwa kita dapat mengidentifikasi usia seseorang hanya dari baunya. Berikut ini beberapa alasan utama mengapa kita memiliki aroma tubuh yang berbeda seiring bertambahnya usia, dikutip dari Brightside.

Penyakit yang Diderita

 

Seiring bertambahnya usia, seseorang cenderung memiliki masalah kesehatan. Beberapa penyakit seperti diabetes dapat mengubah aroma tubuh seseorang, berapa pun usia mereka. Penderita diabetes dikenal dengan aroma buah dan sirupnya karena tubuh menghasilkan keton dalam jumlah besar. Penyakit lain yang diketahui dapat mengubah aroma tubuh kita, seperti hipertiroidisme dan penyakit hati.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kulit yang Menua

Semakin tua, kulit memproduksi lebih banyak asam lemak yang membuat tubuh menyebabkan bau yang disebut "bau orang tua". Ketika asam lemak ini bertemu dengan udara dapat meningkatkan zat kimia yang dikenal dengan bau asam, gas, dan berminyak. Jadi “bau orang tua” itu nyata, karena bau kulit seseorang benar-benar berubah semakin bertambahnya usia.

3 dari 5 halaman

Pola Makan Berubah Seiring Bertambahnya Usia

Makanan seperti ikan, rempah-rempah, dan daging merah dapat memengaruhi bau tubuh seseorang. Setelah makanan dipecah di dalam tubuh, kita melepaskan bahan kimia tersebut melalui keringat.

4 dari 5 halaman

Hormon Tubuh Berubah

Hormon tubuh seseorang berubah seiring bertambahnya usia, terutama saat manusia mengalami menstruasi dan menopause. Satu penelitian bahkan menyatakan bahwa pria menganggap wanita yang sedang berovulasi paling menarik karena bau badan mereka. Perubahan hormonal lain seperti pubertas dan stres tinggi juga dapat mengubah bau badan seseorang.

5 dari 5 halaman

Minum Obat Tertentu

Beberapa suplemen dan obat-obatan seperti antidepresan, dapat mengubah aroma tubuh seseorang saat mengonsumsinya. Aroma tubuh dapat berubah karena obat-obat tersebut membuat kita lebih banyak berkeringat. Saat keringat bercampur dengan bakteri kulit kita, hal itu menciptakan bau badan yang kuat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.