Sukses

Toleransi Beragama, Viral Pelayat Doakan Jenazah dengan Dua Keyakinan Berbeda

Liputan6.com, Jakarta Sebuah video viral menunjukkan semangat toleransi yang berusaha tetap dipertahankan oleh warga Indonesia. Seperti semboyan Bangsa Indonesia "Bhinneka Tunggal Ika" berbeda-beda tetap satu jua.

Terdengar maknanya sangat mendalam, tetapi kenyataan pemandangan ini sulit untuk direalisasikan. Apalagi dengan situasi Tanah Air yang kerap terjadi konflik agama dan bahkan mengganggu ketentraman. 

Potret indahnya toleransi berhasil diabadikan melalui unggahan akun Tiktok @pengangguran00 yang menampilkan kumpulan pelayat yang mendoakan dua jenazah dengan tuan rumah dan ritual keyakinan yang berbeda. Tetangga yang satu menggelar takziah bagi umat Muslim, tetangga sebelahnya berdoa dengan syahadat iman Kristiani.

2 dari 4 halaman

Potret toleransi yang dibangun

Ceritanya berawal dari tetangga satu lingkungan yang meninggalnya bersamaan. Berhubung hari berpulangnya bersamaan, mereka menggelar acara doa pun bersama-sama.

Walaupun berbeda, sebagai umat beragama mereka masing-masing tampak khusyuk mendoakan tanpa meributkan perbedaan iman yang diyakini.

Semuanya menghormati setiap rangkaian prosesinya. Sembari menunggu hujan mereda, para pelayat pun meneduh di tenda, berbincang dan berjaga di malam hari. 

 

@pengangguran00

jadi itu tetangga aku satu komplek👀##fypage ##fypageシ

♬ papepapepap - 👽

"Walaupun berbeda kita harus saling menghormati dan menghargai," ungkapnya pada video tersebut. 

3 dari 4 halaman

Respon Warganet

Unggahan keindahan toleransi hidup bertetangga menyita perhatian warganet. Sebagian dari menginsprirasi hidup yang rukun antar tetangga terlepas dari keyakinan yang berbeda. Dan ada juga yang menjadikan hal ini sebagai bahan lelucon karena hari meninggalnya bersamaan.

"Top toleransi nasional, meski beda doa tapi tetep bareng-bareng," tulis akun @raped123.

"Malaikat maut bilek: wihhh ada orderan double nih," sahut akun @agusputrawan13.

"Saling tukar nasi nanti ya bun," kata akun @raihan__.

"Tetangga: lumayan banyak makanan yang bakal dianter ke rumah gw," ucap akun @idhammp.

"Meninggalnya bisa janjian gitu," ujar akun @maxhavelarz.

"Definisi toleransi sampe mati🤔," sahut akun @parklele127.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: