Sukses

4 Cara Ini Buatmu Tetap Sehat Meski Duduk di Depan Komputer Sepanjang Hari

Liputan6.com, Jakarta Saat ini banyak pekerjaan dan hobi yang butuh waktu berjam-jam di depan layar komputer. Sayangnya, duduk di depan komputer dalam jangka panjang memiliki efek negatif pada kesehatan mental dan fisik secara keseluruhan.

Karena itu, penting untuk menemukan cara untuk mendukung kesejahteraan Anda secara keseluruhan saat bekerja sambil duduk. Berikut ini beberapa kiat yang dapat meningkatkan kesehatan emosional dan fisik selama penggunaan komputer sehari-hari.

Melansir dari Shared.com, ini dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Temukan posisi yang mendukung postur tubuh yang baik

Siapa pun yang sering duduk di depan komputer selama berjam-jam tahu betapa pentingnya postur tubuh yang baik untuk kesehatan, kebahagiaan, dan bahkan produktivitas kerja. Tubuh yang terus menerus membungkuk niscaya akan kesakitan setelah hari kerja selesai. Lantas, bagaimana cara orang melatih tulang punggung untuk menopang postur yang bagus bahkan dalam posisi duduk?

Untuk pekerja kantoran, dua benda yang dapat memperbaiki postur tubuh secara dramatis adalah kursi berpenyangga. Faktanya, duduk dengan benar di kursi dapat membuat semua perbedaan, menghilangkan ketidaknyamanan, dan stres dalam prosesnya.

 

3 dari 5 halaman

2. Bergerak dan lakukan peregangan secara teratur

Jika Anda menghabiskan sebagian besar waktu di depan layar komputer, Anda mungkin serng mengalami nyeri otot, ketegangan, dan mudah tersinggung. Ini karena kurang bergerak sepanjang hari yang dapat menyebabkan ketegangan pada tubuh dan pikiran, terutama jika Anda terjebak di ruang yang sempit.

Untuk mengatasi hal ini, coba setel alarm berulang pada ponsel yang akan memperingatkan Anda untuk berdiri dan bergerak di sekitar ruangan setidaknya selama lima menit setiap jam. Bahkan aktivitas rutin dalam jumlah kecil ini dapat mengendurkan otot yang tegang, melancarkan sirkulasi darah, dan membuat Anda lebih rileks.

 

4 dari 5 halaman

3. Siapkan camilan sehat

Salah satu manfaat terbaik dari bekerja di rumah adalah Anda bisa makan sebanyak yang Anda mau. Alih-alih mesti ke toko untuk membeli sesuatu, Anda cukup ke dapur dan bisa mencomot sesuatu dari kulkas.

Namun dengan semua kemungkinan ini, terkadang orang terjatuh ke dalam perangkap menjejali diri mereka dengan junk food dan minum kopi terlalu banyak. Sebaliknya, cobalah konsumsi camilan sehat seperti apel potong, kacang, atau bahkan wortel. Camilan sehat dapat mengurangi rasa lapar sekaligus memberi tubuh nutrisi yang diperlukan.

 

5 dari 5 halaman

4. Minum banyak air

Apakah Anda sering sakit kepala atau kelelahan saat bekerja berjam-jam di depan komputer? Jika demikian, ini kemungkinan besar merupakan sinyal langsung dari tubuh Anda yang memohon untuk menghidrasi tubuh.

Anda akan terkejut melihat bagaimana melakukan rutinitas sehari-hari yang sederhana seperti minum cukup air dapat meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan menjadi lebih baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.