Sukses

Viral Wanita Beli iPhone 11 Seharga Rp 8 Juta, Barang yang Datang Malah Casing Bekas

Seorang wanita tertipu saat membeli iPhone 11 seharga 8 juta yang datang justru cuma casing bekas.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang kreator TikTok @nmffff mengalami kejadian pahit saat membeli sebuah barang melalui marketplace. Ia baru saja tertipu ketika membeli ponsel secara online.

Belanja online memang sudah menjadi tren yang cukup popular saat ini di masyarakat. Namun, berbelanja online juga memiliki berbagai risiko, seperti barang yang tak sesuai hingga penipuan.

Baru-baru ini tersebar sebuah video yang menceritakan seorang wanita yang kena tipu saat membeli iPhone 11 secara online. Melalui akun TikTok-nya, ia membagikan kisahnya yang berawal dari memesan iPhone 11 berwarna hijau di salah satu toko online.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Membeli iPhone 11 dengan harga 8 juta

Dalam videonya, ia terlihat sedang membuka sebuah paket pesanan iPhone 11 yang sudah ditunggunya. Namun, ia terkejut dan bingung karena saat paket terbuka yang ada hanyalah casing ponsel.

"Guys bantu up ya, aku habis ketipu sama orang lewat akun Shopee. Aku beli hp 8 juta tapi yang datang cuma case bekas," tulisnya dalam video.

Sebelumnya, ia sempat curiga karena status pengiriman barang dalam aplikasi tertulis bahwa pesanan tersebut telah diterima pelanggan. Padahal, ia belum menerima ponsel tersebut sama sekali.

"Aku nggak pernah sama sekali klik menerima pesanan, karena barangnya belum datang," katanya.

3 dari 4 halaman

Barang yang sampai hanya case handphone

Mengetahui hal tersebut, ia langsung menghubungi penjual melalui pesan singkat WhatsApp. Sayangnya, ia tak mendapat respons apa pun dari penjual dan memutuskan untuk pergi mendatangi kantor pos terdekat esok harinya.

Saat datang ke kantor pos, ia menerima paket yang tertuju untuknya. Namun, keterangan barang dalam resi tersebut justru mengagetkannya karena tertulis case saja dan bukan iPhone 11.

4 dari 4 halaman

Respons Warganet

Alih-alih mendapatkan ponsel yang diinginkan, ia justru menemukan case ponsel bekas. Sontak, ia pun geram dan langsung menghubungi penjual. Sayangnya saat dicerca pertanyaan, si penjual tiba-tiba menghilang begitu saja.

Kisah penipuan yang ia alami pun viral di media sosial dan mengundang berbagai reaksi dari warganet. Tak sedikit yang heran dengan motif wanita tersebut membeli barang elektronik dengan harga jutaan rupiah melalui online shop.

"iPhone 11 mana ada 8jt mba," tulis frauleinellent.

"Mba nya bisa langsung ke kantor shopee, mereka ada team legalnya kok dan cukup membantu, dulu kenalanku juga pernah kena penipuan gini, tapi langsung lapor polisi dihari yg sama dan ke kantor shopee esoknya," tulis yosrine.

"Sebelum beli dicek dulu ulasan, rating toko, baru order kak," tulis yaya_atmaja.

“Buat pelajaran aja sih kalo mau beli barang elektronik di atas harga 1 jt an mending beli langsung ke counter kecuali emang belanja di official store'y atau star seller tp di liat juga review dr pembeli lain,” tulis ickalim23.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.