Sukses

Viral, Curhatan Wanita Berjerawat hingga Harus Dioperasi karena Pakai Masker Kain

Fahira mengalami infeksi jerawat di wajahnya karena menggunakan masker kain.

Liputan6.com, Jakarta - Penggunaan masker menjadi salah satu cara yang bisa menekan laju penyebaran Corona Covid-19. Masyarakat bisa menggunakan masker non-medis atau masker kain. Masker kain dianggap cukup menjanjikan untuk mencegah terjadinya penularan virus Corona saat berada di luar rumah.

Namun, penggunaan masker dalam jangka waktu yang lama akan membuat kulit wajah bergesekan dengan masker. Hal ini dapat memicu iritasi dan peradangan pada kulit. Salah satunya adalah munculnya jerawat.

Begitu pula kisah seorang perempuan bernama Fahira Alfhi Diningrat yang harus melakukan operasi jerawat di wajahnya karena penggunaan masker kain.

Saksikan Video Pilihan Di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jerawat tampak normal seperti saat ia sedang menstruasi

Melalui akun TikTok-nya @akupaibaiq, Fahira menceritakan bahwa awalnya jerawat yang muncul terlihat normal seperti ketika ia sedang menstruasi. Namun, jerawat tersebut justru semakin membesar seperti bisul setelah tiga hari. Hal ini membuat pipi sebelah kanan Fahira bengkak.

Mengetahui kondisi jerawatnya yang semakin parah, Fahira mencoba meminta saran kepada keluarganya mengenai cara yang bisa menyembuhkan jerawatnya tersebut.

Ia kemudian mencoba menggunakan kentang dan salep item. Sayangnya, cara tersebut tak kunjung membuat jerawatnya sembuh dan membaik. 

3 dari 4 halaman

Justru bertambah besar hingga pipinya bengkak

Tak tahan dengan jerawat besar yang membuat pipinya bengkak, Fahira memutuskan untuk konsultasi ke dokter.

Dokter kemudian memberitahu Fahira bahwa masker kain yang ia gunakan menyebabkan infeksi di pipinya sehingga muncul jerawat. Kondisi tersebut juga diperparah karena kulit Fahira yang cenderung sensitif dan mudah iritasi.

Dokter lalu menyarankan agar dia melakukan operasi guna menyembuhkan jerawatnya itu. Namun, karena kondisi pipi yang masih bengkak dokter memberi waktu dua hari agar bengkaknya mengempis terlebih dahulu baru menjalankan operasi.

"Hari H nya aku langsung operasi. Cuma disuntik terus dikeluarin kotoran-kotoran kayak nanah dan darahnya gitu biasa," kata Fahira.

4 dari 4 halaman

Lakukan operasi

Usai melakukan operasi, dia mengaku jerawat di pipinya mulai mengempis dan membaik. Ia juga sudah bisa beraktivitas seperti biasanya. Fahira juga mengimbau agar orang-orang lebih berhati-hati dan memperhatikan kebersihan masker yang akan digunakan.

“Semoga ini jadi pelajaran buat kalian. Aku enggak nakut-nakutin cuma ingetin aja. Aku juga enggak salahin masker kain, tapi aku cuma ingetin aja ke kalian kalau lagi jerawatan mending pakai masker kesehatan ya,” kata Fahira.

Kisahnya pun viral di jejaring media sosial TikTok. Namun, kini video tersebut telah di takedown oleh Fahira. Pasalnya, banyak yang menyebutkan bahwa Fahira seolah-olah menyalahkan masker kain.

Meskipun begitu, ada pula warganet yang juga membagikan pengalaman serupa seperti dirinya.

“Makasih infonya, bener sih semenjak sering pakai masker jerawat di daguku banyak banget,” kata @gusvira.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.