Sukses

Wajib Coba, Cerahkan Bibir Gelap dengan 5 Bahan Alami Ini

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki bibir merah merona menjadi dambaan banyak wanita. Bagaimana tidak, memiliki bibir merah alami tentu membuat penampilan lebih menarik dan membuat lebih percaya diri.

Sayangnya, tak sedikit yang justru memiliki bibir berwarna gelap. Ada banyak faktor yang menyebabkan bibir gelap seperti merokok, kebanyakan konsumsi kafein, alergi, atau penggunaan produk kecantikan yang salah.

Namun jangan khawatir, pasalnya ada banyak bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk membantu mencerahkan bibir gelap. Melansir dari Healthline, Jumat (25/9/2020), berikut ulasannya.

1. Lemon

Sebuah studi tahun 2002, menunjukkan kulit buah jeruk lemon dapat bertindak sebagai penghambat melanin. Hal ini dapat membantu mencerahkan bibir yang gelap.

Setiap malam sebelum tidur, potong lemon dan gosok lembut bagian yang berair di bibir Anda. Keesokan paginya, bilas bibir Anda dengan air dingin. Ulangi rutinitas ini setiap malam sampai Anda melihat hasilnya. Untuk hasil yang maksimal gunakan setidaknya selama 30 hari.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Jeruk nipis

Jeruk nipis adalah buah lain yang memiliki sifat anti-melanin. Untuk menggunakannya, Anda bisa menambahkan beberapa bahan lain:

  • 1 1/2 sendok teh air jeruk nipis segar
  • 1 sendok teh madu
  • 1 sendok teh gliserin

Oleskan campuran tersebut dengan lembut ke bibir Anda sebelum tidur. Cuci bibir Anda keesokan harinya.

3 dari 5 halaman

3. Kunyit

Mungkin tak banyak yang tahu bahwa kunyit juga memiliki fungsi yang baik mencerahkan kulit. Untuk menggunakannya, berikut caranya:

  • 1 sendok makan susu cair
  • Bubuk kunyit secukupnya

Selanjutnya buatlah pasta dari kedua bahan tersebut. Lalu dengan menggunakan ujung jari, gosokkan pasta di bibir Anda. Biarkan selama sekitar lima menit sebelum dibilas perlahan dengan air dingin.

4 dari 5 halaman

4. Lidah buaya

Kamu juga bisa menggunakan lidah buaya untuk mengatasi bibir gelap. Caranya, oleskan tipis-tipis gel lidah buaya segar ke bibir Anda. Setelah kering, bilas dengan air hangat. Lakukan setiap hari hingga terlihat hasilnya.

5 dari 5 halaman

5. Delima

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2005, menemukan bahwa ekstrak buah delima dapat meringankan hiperpigmentasi kulit. Untuk membuat menggunakannya, campurkan bahan-bahan berikut ini sehingga menjadi pasta:

  • 1 sendok makan biji delima
  • 1 sendok teh air mawar
  • 1 sendok makan krim susu segar

Pijat lembut pasta tersebut ke bibir Anda selama sekitar tiga menit, lalu bilas bibir Anda dengan air dingin. Ulangi setiap hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.