Sukses

Bukti Cinta, Kisah Ayah Jahit Sendiri dan Buatkan 100 Gaun untuk Putrinya

Seorang ayah membuat 100 gaun dan menjahitnya sendiri untuk putrinya.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang tua tentu menyayangi anak-anaknya. Sejak kecil, kita dapat merasakan kasih sayang orang tua. Mulai dari mengajarkan cara berjalan, menyuapi saat makan, hingga memenuhi kebutuhan kita sebagai anak.

Orang tua tentu menginginkan sesuatu yang terbaik untuk anaknya. Seperti seorang ayah, Xu Ruiqing, yang ingin melihat anaknya tampil cantik dan menawan. Ayah satu ini kerap membuatkan gaun untuk putrinya. Bahkan sudah 100 gaun yang ia buat untuk putrinya.

Dengan memanfaatkan mesin jahit warisan ibunya, Xu Ruiqing membuat berbagai macam gaun untuk anaknya sejak umurnya 4 tahun. Mulai dari gaun bergaya modern, kolonial, hingga tradisional, ia pernah membuat untuk putri tercintanya.

Saksikan Video Pilihan Di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Belajar menjahit secara otodidak

Meski begitu, Xu Ruiqing mengaku bahwa sebelumnya ia tak bisa menjahit. Ruiqing mempelajari teknik membuat pakaian secara otodidak, seperti mengukur pola, memotong bahan, hingga menjahit. Ia hanya berusaha dan ingin menciptakan kenangan manis untuk anaknya melalui dress yang ia buat.

"Aku sebelumnya tidak tahu cara menjahit. Aku hanya terus mencoba sampai terus berkembang. Aku ingin anakku mengingat tempat-tempat yang kami datangi dan hal-hal yang kami lakukan bersama memberinya kenangan masa kecil yang baik," ujar Ruiqing seperti mengutip dari SCMP pada Senin (21/9/20).

Ia juga membagikan proses pembuatan dress untuk anaknya di media sosial Youtube dan Douyin. Ruiqing menggunakan bahan-bahan seadanya dan terbilang tak mahal. Karena hal tersebut, ia sempat merasa takut dan malu untuk menunjukkan gaun karyanya.

3 dari 4 halaman

Sempat takut dan malu

"Saya tinggal di lingkungan di mana orang-orangnya kurang berpikiran terbuka, dan tidak bersedia untuk menerima hal yang baru. Tidak ada satu orang pun yang pernah melakukan ini sebelumnya, jadi saya tidak ingin seorang pun tahu saya membuat gaun-gaun itu," ucap Ruiqing.

Namun, berkat dukungan orang terdekatnya membuat ia memberanikan diri untuk menunjukkan proses pembuatan gaun karyanya dan mengunggahnya ke media sosial.

Setelah videonya berhasil diunggah, Xu Ruiqing mengaku bangga karena dapat membuatkan gaun-gaun yang cantik untuk putrinya. Ia pun merasa termotivasi untuk menjadi orang tua yang lebih baik dan bertanggung jawab.

"Saya berharap, video-video ini bisa menangkap momen-momen berharga kami. Saat dia dewasa, ia bisa melihat kembali sesuatu yang pernah kami lakukan bersama. Ia juga bisa menunjukkannya pada putrinya kelak dan menjadi ibu yang baik," ucap Ruiqing.

4 dari 4 halaman

Aksinya viral dan tuai komentar warganet

Kini aksi Ruiqing pun viral dan mendapat berbagai komentar dari warganet. Tak sedikit yang mengatakan bahwa putrinya beruntung memiliki ayah seperti Ruiqing.

"Dia pasti gadis kecil yang paling bahagia di dunia, dengan ayah yang sangat mencintainya. Saya sangat iri padanya," kata seorang warganet.

"Ini adalah gaun haute couture yang terbuat dari cinta. Sang ayah memiliki selera yang bagus," sahut warganet lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.