Sukses

5 Makanan Ini Dapat Membantu Meredakan Stresmu

Terdapat berbagai cara yang bisa dilakukan untuk meredakan stres, salah satunya adalah melalui makanan.

Liputan6.com, Jakarta Stres, depresi, dan kecemasan menjadi sesuatu yang terkadang melanda hidup seseorang. Namun, jika dibiarkan begitu saja, stres bisa mengganggu aktivitas sehari-hari, baik secara mental maupun fisik.

Terdapat berbagai cara yang bisa dilakukan untuk meredakan stres, salah satunya adalah melalui makanan. Seringkali kita mengaggap remeh sesuatu yang masuk ke dalam tubuh kita, padahal makanan yang kita makan dapat mempengaruhi kesehatan tubuh dan mental kita.

Mulai dari sayuran segar, kacang-kacangan, hingga buah-buahan dapat membantu mengendalikan stres, depresi, dan cemas berlebihan, lho. Mengingat gaya hidup pasca lockdown mengharuskan seseorang untuk menjaga jarak sosial yang dapat menganggu kesehatan mental. Berikut adalah beberapa makanan yang dapat membantu Anda mengatasi emosi lebih baik.

Saksikan Video Pilihan Di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Teh Hijau

Sejak dulu, teh sudah dipercaya dapat mengobati beberapa penyakit medis. Begitu juga dengan kesehatan mental, teh juga dapat menjadi minuman pereda stres yang ampuh.

Sebuah studi pada tahun 2011 menyatakan bahwa kandungan L-theanine-asam amino dalam teh hijau dapat membantu pikiran menjadi "dingin" dan jernih. Theanine memiliki sifat anti cemas yang dapat menenangkan dan dapat meningkatkan produksi serotonin dan dopamin.

Selain itu, kandungan kafein yang rendah dalam teh hijau mampu menambah fokus dan konsentrasi. Anda bisa mengonsumsi teh hijau yang hangat di pagi hari agar otak lebih rileks.

3 dari 6 halaman

Berries

Bluberry dan Strawberry merupakan buah-buahan yang kaya akan antioksidan. Kandungan antosianin pada kedua buah tersebut dapat menajamkan kognitif otak sekaligus melindungi jantung.

Keluarga buah berry ini mengandung vitamin C yang tinggi sehingga mampu melawan stres. Anda bisa menyantapnya pada pagi hari dengan menambahkan sereal, yogurt, atau oatmeal.

Selain itu, buah ini kaya akan serat dengan kalori yang rendah sehingga Anda tak perlu khawatir berat badan akan naik saat mengonsumsinya.

4 dari 6 halaman

Cokelat Hitam

Penelitian menunjukkan bahwa cokelat dapat mengurangi kadar hormon stres kortisol, khususnya cokelat hitam. Cokelat hitam dapat menurunkan tekanan darah yang bisa memicu perasaan tenang.

Kandungan polifenol dan flavonol merupakan dua jenis antioksidan penting yang terdapat dalam cokelat hitam. Anda juga tak perlu khawatir berat badan bertambah drastis meskipun mengonsumisi beberapa potong cokelat hitam.

5 dari 6 halaman

Telur

Diketahi telur memiliki multivitamin alami karena mengandung nutrisi yang banyak. Telur merupakan makanan yang kaya akan protein, kolin, asam lemak omega 3 dan nutrisi lain yang bermanfaat untuk kesehatan otak dan dapat menurunkan stres dan kecemasan.

6 dari 6 halaman

Bayam

Sayuran berdaun hijau ini menghasilkan dopamin, yaitu zat kimia yang membantu merangsang kebahagiaan sehingga membuat Anda merasa tetap tenang.

Selain itu, bayam juga mengandung magnesium yang tinggi. Tubuh yang rendah akan kandungan magnesium dapat menyebabkan sakit kepala dan kelelahan yang dapat mengundang stres. Oleh karena itu, bayam merupakan salah satu makanan yang dapat menurunkan stres.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.