Sukses

Pakai Lapangan Parkir, 700 Orang di Jerman Salat Id Berjamaah Sambil Social Distancing

Liputan6.com, Jakarta Minggu lalu, umat muslim di seluruh dunia merayakan berakhirnya ibadah puasa Ramadan dengan melakukan Salat Id. Namun, pandemik Virus Corona telah membuat pelaksanaan Salat Id tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Bagi warga yang tinggal di daerah berzona merah, yakni dengan jumlah infeksi virus Corona tinggi, disarankan untuk melaksanakan Salat Id di rumah saja. Bahkan pemerintah melarang Salat Id dilakukan secara berjamaah di masjid atau lapangan untuk mencegah penyebaran virus Corona makin tak terkendali.

 

Namun umat Islam di Jerman menemukan solusi untuk tetap melaksanakan Salat Id secara berjamaah, tapi tetap dengan mematuhi anjuran menjaga jarak. Tak hanya itu, selama pelaksanaan mereka juga tetap mengenakan masker.

 

2 dari 5 halaman

Selanjutnya

Ratusan umat Islam di Jerman melaksanakan Salat Id secara berjamaah di lapangan parkir sambil tetap menjaga jarak. Ide tersebut bisa terlaksana berkat bantuan IKEA yang memperbolehkan umat Islam di Jerman menggunakan lapangan parkir mereka.

Meski ini adalah sesuatu yang tak biasa, tapi ini tak menyurutkan semangat para hadirin untuk hadir. Sekitar 700 orang hadir untuk Salat Id berjamaah dengan jarak yang aman.

 

 

3 dari 5 halaman

Selanjutnya

Acara ini diselenggarakan oleh Komunitas Islam Milli Gorus/The Islamic Community Milli Goruş (IGMG) yang berlokasi di Wetzlar, Jerman. Mereka juga mengucapkan terima kasih pada komunitas muslim lewat unggahan di Facebook.

“Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada polisi Wetzlar, kantor pengawas Wetzlar, kepada IKEA Wetzlar dan yang lainnya yang memungkinkan Salat Id yang luar biasa ini menjadi mungkin.”

 

4 dari 5 halaman

Selanjutnya

Ketika video acara itu diunggah secara online, video itu dengan cepat viral. Banyak orang bereaksi dengan menunjukkan dukungan, sementara yang lain takjub melihat pemandangan Salat Id yang diambil dengan kamera drone.

 

5 dari 5 halaman

Selanjutnya

Warganet menyambut positif pelaksanaan Salat Id yang tetap mematuhi aturan pemerintah tersebut.

"Setiap orang memakai masker dan menjaga jarak. Memang seperti itu seharusnya! Luar biasa IKEA!" tulis Ayesha Bruce.

"Ini sangat indah untuk dilihat. Aku tidak terlalu religius, tapi melihat mereka bisa melaksanakan salat secara aman dan mengikuti aturan, ini lebih baik," tulis Emma Louise Green.

"Tak ada yang salah dengan ini. Setidaknya mereka tahu harus menjaga arak, tidak seperti orang-orang yang berkerumun di pantai," tulis Billy Jennings.