Sukses

Viral Eksperimen Tunjukkan Virus Menyebar dengan Cepat di Restoran

Eksperimen ini menjelaskan bagaimana cepatnya virus seperti Corona atau virus lainnya menyebar di sebuah prasmanan.

Liputan6.com, Jakarta - Publik, khususnya para pengguna jejaring sosial baru-baru ini diramaikan dengan beredarnya sebuah video dari badan penyiaran umum di Jepang, NHK, yang berkolaborasi dengan para ahli melakukan percobaan sederhana untuk mengetahui seberapa mudah virus dapat ditularkan melalui droplet ketika tengah berada di restoran.

Eksperimen ini menjelaskan bagaimana cepatnya virus seperti Corona atau virus lainnya menyebar di sebuah restoran.

Melansir dari World of Buzz, Kamis (14/5/2020), dalam eksperimen ini NHK mensimulasikan restoran di kapal pesiar. Dalam skenarionya, ada sepuluh individu berkumpul di sebuah ruangan dan akan menikmati sajian yang disediakan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Peserta Menggunakan Cat Transparan yang Merepresentasikan Virus

Dalam eksperimen ini tangan salah satu peserta dilapisi cat fluorescent atau cat transparan yang merepresentasikan virus. Peserta ini dicontohkan sebagai individu yang terjangkit virus. Setelah itu, peserta lainnya dipersilahkan untuk makan dan berbincang satu sama lain.

3 dari 3 halaman

Hasilnya Mengejutkan

Setelah 30 menit, kru dalam eksperimen tersebut mematikan lampu, dan hasilnya mengejutkan. Di bawah sinar ultraviolet, para peserta melihat cat bercahaya yang menyebar ke orang lain dan benda-benda sekitarnya. 

Jadi, melalui tangan peserta yang "terjangkit" virus tersebut dengan mudah menyebar dan berhasil pindah ke orang lain dan benda-benda di sekelilingnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini