Sukses

Jangan Disepelekan, Biji Mangga Punya 7 Manfaat Bagi Tubuh

Biji mangga bisa dimakan, tapi hanya jika sudah matang dan bisa digunakan dalam bentuk bubuk, minyak atau mentega.

Liputan6.com, Jakarta - Mangga menjadi salah satu buah yang difavoritkan banyak individu. Lebih dari sekedar buah, mangga juga memiliki beragam manfaat kesehatan.

Namun, tahukah kamu bahwa biji mangga juga memiliki khasiat gizi? Biji mangga yang dibuang mengandung berbagai vitamin dan mineral. Biji mangga yang bewarna putih krem dan permukaannya berserat dan berbulu. 

Biji terdiri dari lapisan keras yang menutupi kernel. Kernel biji mangga mengandung minyak, protein, abu, serat, karbohidrat, fosfor, magnesium, natrium dan kalsium.

Selain itu juga memiliki sejumlah senyawa bioaktif, fenolik, asam lemak tak jenuh dan antioksidan.

Biji mangga bisa dimakan, tapi hanya jika sudah matang dan bisa digunakan dalam bentuk bubuk, minyak atau mentega. Nah, penasaran apa saja manfaat kesehatan dari biji mangga? Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky, Sabtu (2/5/2020).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Dalam sebuah penelitian, ekstrak biji mangga meningkatkan toleransi glukosa dan profil lipid dan juga mengurangi obesitas. 

Asupan ekstrak biji mangga bisa membantu individu yang kelebihan berat badan atau obesitas menurunkan berat badan dan menurunkan kadar kolesterol.  

 

3 dari 8 halaman

2. Mengurangi Risiko Diare

 

Biji mangga banyak digunakan karena khasiat anti diare. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Ethnopjarmacology, menunjukkan bahwa ekstak biji mangga menunjukkan sifat anti-mikroba yang menghambat pertumbuhan bakteri Streptococcus aureus.

4 dari 8 halaman

3. Mencegah Kanker

 

Biji mangga memiliki antioksidan, fitokimia dan asam galat. Sebuah penelitian menunjukkan efek antiproliferative dari ekstrak etanol biji mangga pada sel kanker dan hasilnya positif dalam menurunkan risiko kanker payudara.

5 dari 8 halaman

4. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Dengan kepadatan antioksidan yang tinggi, biji mangga dikenal untuk meningkatkan penampilan kulit, menunda penuaan, mengurangi bekas jerawat, bintik-bintik penuaan dan kerutan, terutama bila digunakan dalam bentuk bubuk.

6 dari 8 halaman

5. Menjaga Kesehatan Rambut

Salah satu manfaat kesehatan dari biji mangga adalah bisa meningkatkan pertumbuhan rambut, mengurangi ketombe dan bisa mengendalikan uban sejak dini. 

Mentega biji mangga digunakan untuk memperkuat folikel rambut dan mencegah rambut rontok.

7 dari 8 halaman

6. Kontrol Diabetes

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak etanol biji mangga menunjukkan sifat antidiabetik yang efektif dalam mengendalikan diabetes dan secara signifikan bisa mengurangi kadar gula darah. 

Konsumsi ekstrak biji mangga bermanfaat bagi pengidap diabetes dan bagi mereka yang berisiko terkena penyakit ini.

8 dari 8 halaman

7. Kesehatan Jantung

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Pertanian dan Kimia Pangan, biji mangga memiliki kemampuan ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol LDL dan menstabilkan kadar kolesterol secara keseluruhan.

Ini karena aktivitas antioksidan polifenol yang tinggi dalam biji mangga.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini