Sukses

Tak Sekedar Menghibur, Ini Manfaat Mendengarkan Musik

Liputan6.com, Jakarta - Mendengarkan musik nampaknya menjadi hal yang disukai banyak orang. Tak sedikit orang yang mendengar musik untuk membuat diri lebih bersemangat. Mendengar musik juga bisa membuat seseorang terhibur, hal tersebut tentu bisa membantu seseorang menjadi lebih sehat.

Musik juga dapat menenangkan pikiran, memberi energi pada tubuh, dan membantu seseorang menghilangkan rasa sakit. Tak heran mengapa ada terapi musik untuk mengobati seseorang.

Namun tak hanya itu, melansir dari Verywell Mind, Kamis (2/4/2020), masih ada deretan manfaat mendengarkan musik lainnya. Berikut ulasannya.

1. Meredakan stres

Tentu sebagian besar dari kamu sudah tahu bahwa mendengarkan musik bisa membantu seseorang meredakan stres yang dialami. Rupanya penyataan ini berdasarkan sebuah penelitan yang dibuat tahun 2013.

Pada penelitian tersebut dinyatakan bahwa mendengarkan musik bisa memengaruhi respons seseorang terhadap rasa stres. Mereka yang mendengarkan musik lebih mudah meredakan rasa stresnya.

2 dari 3 halaman

2. Meningkatkan ingatan

Banyak orang yang lebih senang belajar sambil mendengarkan musik. Hal ini rupanya dapat membantu mereka “mencerna” pelajaran lebih cepat. Ya, pasalnya musik diklaim dapat membantu meningkatkan fungsi kerja otak seseorang.

Penelitian menunjukkan bahwa mendengarkan musik ketika belajar atau bekerja mungkin membantu. Tetapi hal itu tergantung pada berbagai faktor seperti jenis musik, seberapa enjoy seseorang mendengarkan musik tersebut dan lain halnya.

Satu studi lain menemukan bahwa siswa yang terlatih belajar sambil mendengarkan musik yang disukai cenderung belajar dengan lebih. 

3 dari 3 halaman

3. Meredakan rasa sakit

Manfaat musik yang satu ini mungkin jarang diketahui banyak orang, namun sangatlah membantu. Telah sejak lama terapi musik dilakukan para ahli pada pasiennya untuk meredakan rasa sakit kronis.

Secara umum, terapi musik ini bisa meredakan rasa sakit, depresi, serta membuat seseorang lebih baik dalam mengontrol rasa sakit.