Sukses

Bisa Berakibat Fatal, Jangan Lakukan 5 Hal Ini Sesaat Setelah Makan

Berikut deretan hal yang sebaiknya tak kalian lakukan sesaat setelah makan.

Liputan6.com, Jakarta Makan menjadi kegiatan yang pasti dilakukan semua orang setiap hari. Setelah makan tak sedikit yang langsung melakukan aktivitas seperti biasa. Namun nampaknya banyak yang tahu bahwa ada beberapa aktivitas yang sebaiknya tak kalian lakukan setelah makan.

Ya, mungkin kalian tak menyadari jika hal-hal tersebut sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh. Melansir dari laman Bright Side, berikut deretan hal yang sebaiknya tak kalian lakukan sesaat setelah makan.

1. Mandi

 

Ketika mandi, suhu tubuh dapat meningkat. Peredaran darah pun sedikit lebih naik dibanding biasanya. Hal ini dapat mengganggu proses pencernaan dan metabolisme tubuh. Maka itu, waktu terbaik untuk kalian mandi adalah menunggu setidaknya 30 menit setelah makan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Minum Teh

Bagi sebagian orang, secangkir teh hangat yang diminum setelah makan merupakan kebiasaan setiap hari. Nyatanya, sebuah studi menunjukkan bahwa hal ini berbahaya dan mengganggu asimilasi zat besi dan mineral yang berperan penting pada tubuh.

Oleh karena itu, anak-anak, wanita hamil dan orang yang mengalami kekurangan zat besi sebaiknya menghindari minum teh setelah makan atau menunggu satu jam setelahnya.

3 dari 5 halaman

3. Tidur

Memang telah banyak mitos beredar bahwa makan sebelum tidur dapat menyebabkan kelebihan berat badan. Namun faktanya tidur setelah makan justru akan menyebabkan ketidaknyamanan, seperti tidak bisa tidur karena rasa mulas dan bersendawa.

Selain itu, sering tidur setelah makan siang atau malam juga dapat meningkatkan risiko penyakit stroke. Para ahli mengatakan bahwa lebih baik tidur tidak kurang dari 2 jam setelah makan.

4 dari 5 halaman

4. Olahraga

Tak peduli seberapa nikmatnya menu makanan di atas meja makan, sebaiknya tak dimakan sebelum kalian berolahraga. Beban perut setelah makan dapat menyebabkan ketidaknyamanan, seperti cegukan dan mual. Bahkan yang lebih serius bisa terjadi risiko trauma dan kejang-kejang. Maka, mulailah berolahraga minimal 2 jam setelah makan.

5 dari 5 halaman

5. Merokok

Bagi perokok, mungkin tak enak jika tak merokok setelah makan. Padahal justru hal ini sangat berbahaya bagi tubuh. Zat nikotin yang terdapat dalam rokok akan diserap dua kali lipat oleh tubuh, sehingga dapat memberikan efek berbahaya.

Tak hanya itu, tembakau juga dapat memblokir penyerapan vitamin dan mineral, termasuk kalsium, vitamin C dan D. Ada baiknya untuk perokok untuk mulai menghentikan kebiasaan tersebut. Namun, bila ternyata sulit setidaknya menunggu 20 menit setelah makan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.