Sukses

Viral Video Paru-Paru Hitam Perokok, Ditolak Saat Didonorkan

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video yang beredar di media sosial menunjukkan paru-paru yang awalnya akan didonorkan. Namun karena kondisinya yang sangat buruk dan menghitam, paru-paru itu pun ditolak.

Dalam deskripsi video dijelaskan bahwa donasi paru-paru menghitam itu berasa dari seorang perokok berat. Chen Jingyu, ahli bedah tranplantasi paru-paru dari Rumah Sakit Rakyat Wuxi di Jiangsu, China segera menolak paru-paru itu setelah melihat kondisinya.

 

Video itu diunggah di akun Weibo dan menjadi bahan perbincangan. Lebih jauh dijelaskan bahwa paru-paru itu diektraksi dari seorang pria berusia 52 tahun yang telah menjadi perokok berat selama 30 tahun. Sebelum meninggal, pria yang juga memiliki beberapa penyakit paru-paru itu meminta agar paru-parunya didonorkan.

 

2 dari 5 halaman

Tak bisa digunakan

Menurut Chen, banyak perokok di negara tersebut memiliki paru-paru yang terlihat seperti itu. Tim ahli beda memutuskan untuk menolak paru-paru tersebut karena kerusakannya.

"Jika seorang Anda seorang perokok berat, paru-paru Anda mungkin tidak akan diterima bahkan jika Anda memilih untuk menyumbangkannya setelah kematian. Lihatlah paru-paru ini, apa Anda masih memiliki keberanian untuk merokok?" tanya Chen.

 

3 dari 5 halaman

Persyaratan donor paru-paru

Chen menjelaskan bahwa pria yang tidak disebutkan namanya itu tidak menjalani CT scan sebelum meninggal. Paru-parunya segera didonorkan setelah dinyatakan meninggal dan otaknya tak lagi berfungsi.

"Tes indeks oksigen awal baik-baik saja, tapi ketika kami mengambil organ, kami menyadari bahwa kami tidak akan dapat menggunakannya," katanya.

Chen menambahkan ada standar ketat untuk diikuti ketika menerima sumbangan paru-paru dari perokok.

"(Kami menerima) paru-paru dari orang di bawah 60 tahun yang baru saja meninggal, infeksi ringan di paru-paru, dan relatif bersih. Jika kondisi tersebut terpenuhi, kamu akan mempertimbangkan transplantasi paru-paru."

 

4 dari 5 halaman

Jumlah perokok di China

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) via Fox News, lebih dari 300 juta orang di China adalah perokok. China diketahui telah mengonsumsi hampir 2,3 triliun rokok pada tahun 2009.

Sekitar 3.000 orang meninggal setiap hari di China karena penyakit yang berhubungan dengan tembakau. Jika ini terus berlanjut, WHO mengkhawatirkan jumlah akan meningkap menjadi 3 juta pada tahun 2050.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Jangan Abai, Ini 5 Tanda Paru-Paru Anda Sakit dan Minta Bantuan
Artikel Selanjutnya
Top 3: Momen Malu Orang Pakai Baju Mirip Benda Sekitar