Sukses

Intip Proses Pengambilan Mutiara dari Dalam Kerang, Warganet Terpukau

Liputan6.com, Jakarta Salah satu akun Instagram @areaviral membagikan sebuah video mengenai cara pengambilan mutiara di dalam kerang. Seperti yang kita tahu bahwa ada beberapa kerang atau tiram yang dapat menghasilkan mutiara yang bisa dijadikan sebagai aksesoris kecantikan.

Dalam video tersebut belum diketahui kerang jenis apa yang menghasilkan mutiara dan di mana proses pengambilan mutiara tersebut.

Untuk pembentukan mutiara sendiri tidaklah mudah karena kerang harus merasakan rasa sakit terlebih dahulu. Dimulai dari sebutir pasir yang memasuki tubuh seekor kerang di dasar lautan, kemudian seiring berjalannya waktu barulah terbentuk mutiara yang cantik dan bernilai.

2 dari 5 halaman

Jenis Mutiara

Video yang di unggah oleh @areaviral ini memperlihatkan bahwa mutiara yang berada di tubuh kerang tersebut adalah mutiara dengan jenis warna putih. Mutiara yang termasuk kedalam jenis warna putih ini adalah krem, merah muda, dan kuning merah.

 

 
 
 
View this post on Instagram

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa mutiara, berasal dari kerang tiram. Namun, bagaimana dan mengapa prosesnya, tak banyak yang tahu persis. Sesungguhnya, tiram membentuk mutiara atas respon pembelaan diri dari objek asing. Proses pembentukan bermula ketika pasir, parasit, atau material organik lainnya menyusup masuk dari cangkang tiram yang terbuka, dan mengenai bagian mantel, lapisan yang melindungi organ dalam tiram. Dalam beberapa kasus, objek asing turut melukai bagian tubuh tiram. Tubuh tiram pun menganggap objek asing sebagai potensi ancaman, dan mantel-nya menghasilkan lapisan yang disebut nacre--dijuluki juga 'ibu mutiara'--yang menyelubungi objek asing tersebut. Kerusakan yang terjadi pada bagian luar kerang, yang berakibat pada mantel, juga memicu respon yang sama untuk memperbaiki kerusakan . . . Ikuti terus @areaviral untuk berbagai informasi dan fakta menarik lainnya :) #areaviral . . . ©All Rights and Credits Reserved To The Respective Owner(s). Please Contact Us For Credit or Removal. ㅤ #areaviral #fakta #unik #gofakta #sekolahnesia #indonesia #pp #paidpromote #likeforlike #bandung #jakarta #lagiviral #surabaya #medan #yogyakarta #bandung #jakarta #surabaya #kalimantan #papua #yogyakarta #pekanbaru #padang #semarang #palembang #medan

A post shared by Area Viral (@areaviral) on

3 dari 5 halaman

Dari mana Mutiara Tersebut Berasal?

Mutiara yang terdapat pada kerang berasal dari pasir yang masuk ke dalam tubuhnya. Pasir yang masuk nantinya akan menimbulkan rasa sakit pada kerang, namun dengan caranya yang terbilang unik kerang tersebut akan mengeluarkan cairan yang membungkus seluruh permukaan pasir.

Lalu pasir tersebut nantinya akan mengeras dan akan membentuk semacam bola kecil yang kita sebut mutiara. Proses pembentukan mutiara ini juga memakan waktu yang lama.

4 dari 5 halaman

Pendapat Warganet

Unggahan video pun menuai beberapa komentar yang beragam dari warganet, beberapa juga melemparkan lelucon.

"Hampir tiap saat aku makan kerang, tapi gak pernah ketemu mutiara," tulis akun @areif.kenzo .

Komentar lain juga mengatakan " Banyak populasi binatang mati sia-sia hanya karna kekayaan duniawi."

 

Penulis : Natania Longdong

Universitas Esa Unggul

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini :

Loading
Artikel Selanjutnya
Di Balik Indahnya Cincin Tunangan Emma Stone Seharga Rp66 Juta
Artikel Selanjutnya
[Cek Fakta] Penyelam Cedera Akibat Masukkan Alat Kelamin ke Dalam Kerang, Benarkah?