Sukses

Berkat Google Earth, Jasad Pria yang Hilang Selama 22 Tahun Ditemukan

Seorang pria menghilang sejak 1997 dan jasadnya baru ditemukan pada Agustus 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Teknologi membawa banyak kemudahan untuk manusia. Salah satunya adalah internet, yang membuat banyak manusia dengan mudah dapat terhubung satu sama lain. Google Earth adalah salah satu fitur menggunakan internet yang memudahkan manusia untuk mencari dan menelusuri suatu tempat, tanpa harus datang ke tempat yang dituju.

Google Earth berupa peta seluruh dunia yang difoto melalui satelit. Tidak disangka, Google Earth baru-baru ini secara tidak sengaja menguak kasus yang belum terjawab selama 22 tahun.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Hilang Sejak 1997

Menurut Kantor Sherrif Palm Beach County, William Moldt dinyatakan hilang sejak tahun 1997 pada umur 40 tahun.

The National Missing and Unidentified Persons System mengatakan bahwa William pergi ke klub malam pada bulan November 1997. Ia tidak terlihat mabuk dan sempat menelpon pacarnya untuk memberitahu bahwa ia akan segera kembali ke rumah mereka di Lantana.

3 dari 5 halaman

Bantuan Google Earth

Juru Bicara Kantor Sherrif, Teri Barbera, mengatakan bahwa ada seorang mantan penduduk di Wellington, Florida, sedang melihat lingkungan di Florida menggunakan Google Earth. Mantan penduduk itu melihat ada yang janggal ketika ia melintasi danau. Terdapat sesuatu yang nampak seperti mobil.

4 dari 5 halaman

Memastikan Dengan Drone

Seperti melansir dari APnews, Sabtu (14/9/2019), mantan penduduk itu pun menghubungi pemilik rumahnya saat ini untuk memberitahu kejadian tersebut.

Pemilik rumah kemudian menggunakan drone untuk mengecek tempat kejadian. Ia memastikan terdapat mobil di tepi danau, lalu menelpon kantor Sherrif pada Rabu, 28 Agustus 2019.

5 dari 5 halaman

Kerangka di Dalam Mobil

Pihak berwajib pun datang ke tempat seperti yang dilaporkan dan menemukan eksterior sedan putih. Ketika mereka berhasil mengeluarkan mobil dari tepi danau, mereka menemukan kerangka manusia di dalamnya, yang merupakan jasad dari William Moldt.

Barry Fay, warga yang tinggal di dekat dengan tempat kejadian, mengatakan bahwa dia tidak pernah melihat apapun di tepi danau.

“Saya tidak pernah percaya akan ada mayat berusia 22 tahun," kata Fay.

 Penulis:

Timothy Juliano

Universitas Multimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.