Sukses

7 Fungsi Lain Penjepit Kertas, Bikin Hidupmu Lebih Mudah

Liputan6.com, Jakarta - Paper clip, klip kertas, atau penjepit kertas tentu sangat mudah ditemui. Seperti namanya, fungsi utama paper clip tentu untuk menjepit kertas. Namun selain itu, Anda bisa menggunakannya untuk hal lain lo.

Anda mungkin telah sering menemukan life hack atau kegunaan lain dari binder clip atau paper clip berwarna hitam. Ternyata paper clip atau klip kertas juga memiliki berbagai kegunaan lain.

Seperti melansir dari eHow, Rabu (21/8/2019), berikut beberapa cara lain menggunakan paper clip.

2 dari 8 halaman

1. Penyangga ponsel/gawai

Penyangga ponsel dapat bermanfaat ketika Anda ingin menonton film di ponsel atau gawai Anda. Jika Anda tidak memiliki penyangga ponsel, Anda bisa membuatnya sendiri menggunakan klip kertas.

Caranya, gunakan dua klip kertas yang berukuran sama. Tekuk ujung masing-masing paperclip hingga 90 derajat. Tekuk bagian yang melingkar ke belakang sekitar 45 derajat. Gunakan kedua paperclip itu untuk dijadikan stand ponsel.

3 dari 8 halaman

2. Memudahkan mencari ujung selotip

Jika Anda sulit mencari ujung selotip dan tidak menggunakan alatnya, Anda bisa memanfaatkan klip kertas. Apalagi jika selotip yang digunakan adalah solasi bening.

Caranya cukup tempelkan klip kertas di ujung selotip. Klip kertas yang menonjol akan jadi penanda dan memudahkanmu menggunakan selotip.

4 dari 8 halaman

3. Ritsleting rusak

Jika pegangan ritsleting Anda rusak hingga patah, Anda bisa menggunakan klip kertas sebagai penggantinya. Itu akan membantu menutup atau membuka ritsleting Anda.

Cara menggunakannya, lepaskan penarik ritsleting yang telah rusak. Lalu ganti dengan klip kertas. Masukkan bagian terbuka klip kertas hingga terpasang. Jika sudah terpasang, tutup bagian terbuka itu menggunakan selotip.

5 dari 8 halaman

4. Pembatas buku

Selain berfungsi untuk menggabungkan beberapa kertas, klip kertas juga bisa berfungsi sebagai pembatas buku.

Caranya, Anda hanya perlu menyelipkan klip kertas di halaman yang ingin Anda tandai. Caranya mirip ketika Anda menggunakannya untuk menjepit kertas.

Selain sekadar menjepitkannya di halaman yang ingin ditandai, Anda juga bisa menambahkan berbagai hiasan. Itu seperti selotip hias, kertas, kain, atau hiasan lainnya di ujung klip kertas.

6 dari 8 halaman

5. Penutup kamera laptop

Anda mungkin risih dengan kamera yang ada di laptop Anda, was-was jika ada peretas yang melihat melalui kamera itu. Untuk mengakalinya Anda bisa menutupnya.

Anda mungkin bisa menempelkan selotip di kamera itu. Namun, dibandingkan menempelkan selotip lalu membuka dan membuangnya ketika akan menggunakan kamera, lalu menempelkannya lagi ketika ingin menutupnya, Anda bisa melakukan cara lain.

Coba gunakan klip kertas dengan selotip hitam atau berwarna. Caranya, bengkokkan beberapa bagian klip kertas sedemikian rupa. Bengkokkan hingga seperti berbentuk kursi atau bisa Anda pasangkan di laptop. Tutup sebagiannya menggunakan selotip, lalu pasangkan di laptop Anda.

7 dari 8 halaman

6. Bagian belakang bra

Jika Anda ingin menyembunyikan tali belakang bra agar sesuai ketika digunakan dengan pakaian Anda, mungkin klip kertas salah satu solusinya.

Caranya, cukup gabungkan kedua tali bra lalu kaitkan dengan klip kertas. Tipsnya, kaitkan tali sebelum mengenakan bra.

8 dari 8 halaman

7. Mengikat kabel

Kabel charger, headset, atau kabel lainnya bisa berantakan. Klip kertas dengan tali juga bisa Anda gunakan untuk mengikat kabel agar lebih rapi.

Sebenarnya Anda bisa hanya mengikatnya, tapi Anda juga bisa memudahkannya dengan menggunakan klip kertas. Caranya, kaitkan karet gelang ke klip kertas. Lalu gunakan dengan cara melingkarkan karet gelang ke kabel yang hendak diikat. Setelah dirasa cukup kencang, kaitkan karet dengan klip kertas.

Penulis:

Santi Muhrianti

Universitas Padjadjaran

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Pemerintah Uji Coba Kartu Prakerja di Jakarta dan Bandung
Artikel Selanjutnya
Masuk Daftar 100 Kota Berbahaya di Dunia, Jakarta Masih Lebih Aman dari Kuala Lumpur