Sukses

Viral Video Panda Dilempari Batu oleh Pengunjung, Warganet Geram

Liputan6.com, Jakarta - Panda menjadi salah satu hewan yang penting di Tiongkok. Untuk itu, tak jarang panda digunakan untuk diplomasi Tiongkok dengan negara-negara lain.

Negeri Tirai Bambu ini pun merupakan rumah bagi panda. Namun nahas, baru-baru ini terekam tindakan kejam pengunjung yang melempari seekor panda dengan batu.

Pada 14 Juli 2019, sebuah video yang diunggah di Weibo menunjukkan seekor panda yang sedang diam. Dalam video itu kemudian terlihat adanya batu yang dilemparkan pengunjung. Panda tersebut bahkan sempat bereaksi dan melihat batu yang dilemparkan kepadanya.

Video berdurasi 38 detik yang telah beredari di jejaring sosial itu pun menarik perhatian warga Tiongkok.

2 dari 5 halaman

Pengunjung Sengaja Melempar Batu

Pihak yang mengunggah video itu pun menuliskan tempat kejadian itu berada di pavilion panda. Tempat itu dibangun 1989 dan sempat digunakan untuk Asian Games 1990 yang diselenggarakan di Tiongkok.

Menurut laporan, pengunjung tersebut sengaja melemparkan batu agar panda yang diam bisa bergerak.

Melansir Boredpanda, Rabu (18/7/2019), panda itu bernama Meng Da. Meski sempat terkena lemparan, pihak kebun binatang menyatakan Meng Da tidak terluka.

3 dari 5 halaman

Respons Warganet

Ulah pengunjung itu pun menuai kecaman warganet. Misalnya komentar akun Firefly Lake Heart, "Banyak yang melempari Meng, bagaimana bisa?"

"Aku harap mereka jatuh ke sana," kata seorang warganet.

Ada pula warganet yang sedih dengan ulah pengunjung tersebut. "Orang-orang menjadi semakin dan semakin jahat. Ini menyedihkan," komentar akun Vessi Vassileva.

Selain komentar geram, beberapa warganet pun mempertanyakan manajemen dan pengamanan di tempat tinggal panda itu. 

"Ketika saya pergi ke sana, saya benar-benar bahagia dan menyukai bayi panda yang besar. Selalu ada orang asing yang mengatakan imut. Saya juga merasa sangat bangga. Itu adalah harta nasional kami. Sekarang sebaiknya harus memasang dinding kaca," sahut akun ZZsankin.

4 dari 5 halaman

Bukan Kali Pertama

Kasus tersebut nyatanya bukan kali pertama terjadi. Pengunjung di Hanzhong Provinsi Shaanxi pun melakukan hal serupa pada Juli 2018.

Melansir South China Morning Post, empat pengunjung terekam kamera melempar batu kepada panda agar bergerak. Mereka yang terlibatakhirnya diberi peringatan dan didaftarhitamkan.

Setelah kejadian pelemparan batu Juli 2019, Kebun Binatang Beijing berjanji untuk meningkatkan keamanan tempat panda ini. Warganet pun berharap demikian.

Penulis:

Santi Muhrianti

Universitas Padjadjaran

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Viral, Bocah 15 Tahun Ngetweet dari Kulkas
Artikel Selanjutnya
Bangga Pamer Foto Penuh Jerawat, Gadis Ini Menginspirasi Warganet