Sukses

Cegah Osteoporosis, Konsumsi 6 Makanan Ini yang Baik untuk Kesehatan Tulang

Liputan6.com, Jakarta - Makanan tinggi kalsium dan vitamin D sangat baik untuk meningkatkan kepadatan tulang. Ini adalah nutrisi yang paling dikenal saat berpikir tentang kesehatan tulang.

Padahal, beberapa zat lainnya juga berperan penting. Seperti vitamin C, kalium, dan magnesium. Itulah mengapa diet yang baik untuk mencegah tulang keropos harus seimbang dan mengandung banyak buah dan sayuran segar serta sumber protein tanpa lemak.

Berikut ini beberapa makanan yang amat baik dikonsumsi untuk melindungi kesehatan tulang Anda. Apa saja? Melansir dari hhdresearch.org, ini dia.

1. Sayuran hijau gelap

Kita cenderung menganggap susu sebagai satu-satunya sumber kalsium, tapi dalam kenyataannya juga dapat ditemukan dalam banyak sayuran berbeda. Sayuran hijau gelap seperti kangkung, sawi hijau, bok choy, kubis china, dan lobak semuanya kaya kalsium.

Tak hanya itu, mereka juga mengandung vitamin K dalam jumlah yang baik. Ini diketahui dapat mengurangi risiko osteoporosis Anda.

 

2 dari 6 halaman

2. Kentang

Selain kalsium dan vitamin D, magnesium dan kalium juga penting untuk kesehatan tulang. Kekurangan magnesium dapat membuang keseimbangan vitamin D. Kalium di sisi lain, mampu menetralkan asam dalam tubuh Anda yang jika tidak akan melepaskan kalsium langsung dari tulang Anda.

Kentang manis dan putih merupakan sumber makanan yang kaya magnesium dan potasium. Pastikan untuk dipanggang atau direbus saja untuk menjaga nilai kesehatannya.

 

3 dari 6 halaman

3. Jeruk

Semua orang tahu buah jeruk adalah sumber vitamin C yang sangat baik. Tapi mungkin Anda tak tahu bahwa vitamin C berperan besar dalam mencegah keroposnya tulang. Itu karena vitamin C diperlukan untuk pembentukan kolagen yang merupakan bagian lunak dari tulang dan tulang rawan.

Anda dapat menemukan vitamin C pada buah jeruk. Vitamin C juga penting untuk membuat kulit tampak halus dan lebih muda.

 

4 dari 6 halaman

4. Ikan

Jenis-jenis ikan berlemak menawarkan sejumlah vitamin D yang bagus untuk tubuh. Ikan juga memilki asam lemak omega-3 yang dapat mendukung sendi dan kesehatan jantung.

Salmon khususnya merupakan sumber kalsium yang baik. Hal yang sama berlaku untuk ikan sarden.

 

5 dari 6 halaman

5. Kacang almon

Kacang almon tidak hanya tinggi kalsium dan kalium tapi juga sangat fleksibel dan mudah dimasukkan dalam diet Anda. Mereka dapat dimakan sebagai camilan, dicincang dan dipanggang sebagai taburan salad, atau dihancurkan dengan sedikit garam untuk ditaburkan di atas roti gandum.

Kacang almon mengandung lemak dalam jumlah yang tepat. Jadi, Anda tak perlu mengonsumsinya banyak-banyak untuk mendapatkan manfaat nutrisinya.

 

6 dari 6 halaman

6. Molase

Mengganti pemanis seperti gula putih adalah hal yang tepat. Gula dapat melemahkan tulang dan terkait dengan banyak penyakit.

Molase di sisi lain adalah pemanis alami yang juga mengandung kalsium. Cobalah mengganti molase dalam memanggang serta mengaduknya menjadi yogurt, oatmeal, atau smoothie.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading