Sukses

Menatap Layar Komputer Seharian, 3 Cara Ini Bantu Kamu Hindari Sakit Kepala Karenanya

Liputan6.com, Jakarta - Layar bercahaya telah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Dari ponsel pintar, tablet, hingga laptop. Sangat sedikit orang yang beraktivitas tanpa bersentuhan dengan layar.

Sayangnya, menatap layar terlebih layar komputer sepanjang hari, bisa berbahaya dan dapat menyebabkan sakit kepala. Jadi jika Anda menghabiskan waktu berjam-jam di komputer, berikut beberapa tips untuk membantu mencegah sakit kepala akibat menatap layar komputer.

1. Bekerja dalam pencahayaan yang tepat

Saat Anda menggunakan komputer, hanya menggunakan cahaya dari komputer Anda sangat buruk bagi mata. Tapi Anda juga tak harus menggunakan pencahayaan yang benar-benar cerah.

Yang tepat adalah Anda harus memiliki kombinasi cahaya alami dari jendela dan pencahayaan yang lembut. Lampu LED putih lembut adalah pilihan bagus untuk pencahayaan yang tak terlalu kuat.

Selain itu, pertimbangkan menempatkan lampu lantai di sudut ruangan alih-alih lampu langsung di atas kepala.

 

2 dari 3 halaman

2. Istirahat secara reguler

Duduk di depan komputer selama berjam-jam tak hanya buruk bagi mata, tapi juga bagi seluruh tubuh. Melangkah menjauh dari komputer setiap 20 menit atau lebih adalah cara yang bagus untuk menghindari sakit kepala.

Berdiri, meregangkan tubuh, dan minum air putih akan membantu melemaskan tubuh, membantu melepaskan ketegangan di leher dan bahu Anda. Ini secara siginifikan dapat mengurangi risiko sakit kepala.

 

3 dari 3 halaman

3. Memakai kacamata filter

Salah satu produk paling berguna untuk membantu mencegah sakit kepala karena komputer adalah kacamata dengan filter. Saat Anda menatap layar, cahaya biru dipancarkan. Cahaya ini dapat meningkatkan ketegangan mata, menyebabkan sakit kepala, dan merusak.

Kacamata dengan filter biru dirancang untuk menyaring cahaya biru, meminimalkan sensitivitas cahaya. Mengenakan kacamata ini dapat membantu Anda menggunakan komputer tanpa menyebabkan ketegangan mata dan membuat tidur lebih baik.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: