Sukses

Populer di Bulan Ramadan, Kenali 10 Jenis Kurma Ini

Liputan6.com, Jakarta - Para ahli percaya bahwa kurma telah dibudidayakan sejak sekitar 8.000 tahun lalu di Irak modern. Ada lebih dari 200 jenis kurma dan salah satu kurma yang paling mahal adalah Medjool, karena buah tersebut sangat sulit ditumbuhkan.

Di Timur Tengah, kurma dianggap sebagai "pohon kehidupan" dan dipilih sebagai simbol nasional, baik bagi Arab Saudi maupun Israel. Kurma sendiri menjadi buah yang sangat populer dan khas di Indonesia ketika bulan Ramadan tiba.

Buah ini seakan telah menjadi menu wajib yang dimiliki di setiap rumah. Selain karena sunah Rasul yang mengharuskan memakan kurma untuk berbuka puasa, kurma sendiri memiliki rasa yang lezat dan memiliki banyak manfaat.

Namun, tahukah kamu ada berapa jenis kurma dan apa saja khasiatnya? Merangkum dari PopOptiq, Jumat (10/5/2019), berikut adalah beberapa jenis kurma dan khasiat yang ada di dalamnya.

1. Kurma Ajwa

Kurma ajwa memiliki tekstur yang lembut dan kering, tetapi sangat manis saat dimakan dan terasa lembut di dalam mulut. Beberapa orang berpendapat bahwa kurma ini memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit.

Bahkan, mereka juga mengklaim jika kamu memakan tujuh buah kurma ajwa setiap pagi hari, kamu akan terlindungi dari racun dan energi buruk hingga malam hari.

2. Kurma Ambera

Kurma ambera adalah satu dari beberapa kurma dengan kualitas tertinggi dari wilayah Madinah, Arab Saudi. Pada kenyataannya, kurma ini juga dikenal karena ukurannya yang sangat besar.

Kurma ini juga dikenal karena kekuatan penyembuhan alaminya, itulah sebabnya banyak orang di daerah Madinah memakan kurma jenis ini.

3. Kurma Barhi

Kurma ini kaya akan rasa, bahkan rasanya mirip seperti sirop. Kurma ini juga merupakan jenis kurma terkecil dan paling rapuh dari yang lain.

Kulit dan dagingnya yang keras berubah menjadi kuning, kemudian berubah menjadi cokelat keemasan saat diawetkan, dan buahnya sendiri berukuran kecil hingga sedang. Kurma barhi juga merupakan kurma dengan tingkat kematangan yang lambat.

 

2 dari 3 halaman

4. Kurma Dayri

Kurma lembut ini sangat padat dan rasanya manis. Bentuknya sendiri berkisar dari ukuran sedang hingga besar, dan kurma lonjong ini memiliki daging yang lunak dan kulit berwarna merah.

Saat matang, kulit kurma ini berubah dari warna merah menjadi kuning, lalu berubah lagi menjadi cokelat keemasan ketika diawetkan. Sama seperti kurma barhi, kurma dayri juga matang pada akhir musim.

5. Kurma Deglet Noor

Kurma yang memiliki tekstur semi kering, deglet noor, memiliki rasa yang manis dan lembut. Kurma ini juga dikenal karena rasanya yang "khas."

Deglet noor memiliki buah yang berukuran sedang hingga besar dan kulitnya yang matang berubah dari warna kuning ke cokelat tua. Kurma deglet noor sangat baik untuk digunakan sebagai bahan masakan, dan kurma ini biasanya matang pada akhir musim. Nama deglet noor sendiri memiliki arti, "kurma dari cahaya."

6. Kurma Halawy

Kurma lembut ini (nama Halawy sendiri berarti "manis") memiliki rasa madu yang manis. Kurma ini berukuran kecil hingga sedang dengan kulit berwarna cokelat keemasan dan daging buah yang lunak.

Kurma halawy biasanya matang di pertengahan musim, dan mereka merupakan pilihan yang tepat jika kamu mencari camilan untuk dimakan langsung sesaat setelah dipetik.

7. Kurma Khudri

Kurma manis ini berwarna cokelat gelap dan memiliki kulit yang kusut. Kurma ini memiliki ukuran kecil dan besar, serta menjadi kurma favorit dari segala jenis kurma yang diekspor karena harganya yang masuk akal dan juga kesegaran buahnya. Untuk khasiat energi dan kesegaran, kamu tidak dapat mengalahkan kurma khudri.

3 dari 3 halaman

8. Kurma Medjool

 

Juga disebut sebagai kurma medjul, karena kurma ini memiliki kulit lembut dan rasanya yang sangat kaya, lezat, dan manis. Kurma ini juga memiliki tekstur yang sedikit berserat.

Ukuran buahnya besar hingga sangat besar, dan kulitnya akan berubah dari kuning menjadi cokelat kemerahan ketika matang dan diawetkan. Kurma ini sangat bagus dikonsumsi pada saat masih segar, karena kurma ini sangat lembap. Kurma ini biasanya matang pada awal musim.

9. Kurma Safawi

Kurma safawi berwarna hitam dan memiliki tekstur seperti daging. Kurma ini memiliki rasa yang sangat manis dan dipenuhi dengan vitamin.

Dibudidayakan di Madinah, kurma safawi sangat lembut dan dikenal karena khasiat penyembuhannya. Jika kamu memakan kurma ini dengan perut kosong, maka kurma ini dapat membunuh cacing di perut. Selain itu, kurma ini juga dikenal dengan kandungan mineralnya yang tinggi.

10. Kurma Thoory

Kurma ini memiliki tekstur yang cukup kering dan memiliki rasa manis dan pedas. Kurma ini disebut sebagai kurma roti karena mereka sempurna untuk dicampur dengan olahan roti dan dipanggang.

Buah ini berukuran sedang hingga besar dengan bentuk daging berwarna cokelat keemasan. Seperti jenis kurma lainnya, kurma thoory matang di akhir musim.

Reporter:

Rahma Wulan Mei Anjaeni

Universitas Pendidikan Indonesia

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
4 Tips Memilih Kurma yang Sehat dan Segar, Perhatikan Warnanya
Artikel Selanjutnya
10 Jenis Kurma yang Cocok untuk Buka Puasa