Sukses

6 Manfaat Minum Jus Kurma di Bulan Puasa

Liputan6.com, Jakarta - Menyiapkan menu berbuka puasa adalah hal yang menyenangkan. Untuk membatalkan puasa Anda tentu menginginkan minuman yang segar dan manis.  Salah satunya adalah kurma.

Kurma adalah buah yang akrab dikonsumsi saat bulan Ramadan. Rasa kurma yang manis dipercaya bisa memulihkan energi setelah seharian berpuasa.  Buah ini bisa langsung dimakan atau diolah bersama menu kuliner atau dibuat jus.

Jus kurma bisa menjadi alternatif untuk menghilangkan dahaga usai berpuasa.  Selain kandungan zat besinya yang tinggi, kurma mengandung vitamin dan mineral penting lainnya.

Kurma juga bisa bermanfaat bagi kesehatan. Sedangkan jus kurma adalah tonik kesehatan alami yang bisa dikonsumsi anak-anak maupun orang dewasa.  Bagi ibu menyusui, jur kurma dipercaya bisa bikin tubuh tidak lemas dan produksi air susu ibu (ASI) semakin banyak.

Dilansir dari Style Craze, Minggu, 5 Mei 2019, jus kurma dibuat dengan mencampur kurma yang sudah direndam sebelumnya dengan air atau susu. Lalu apa saja manfaatnya bagi tubuh kita?

Kesehatan Rambut

Minum jus kurma bisa membuat tekstur rambut lebih tebal dan halus. Kurma memberikan semua nutrisi yang dibutuhkan folikel rambut untuk bekerja dengan baik.

Jus kurma mengandung zat besi dan folat yang tinggi sehingga dapat memperkuat folikel rambut dari dalam dan mengurangi kerontokan.

Baik Untuk Kulit

Mengonsumsi jus kurma setiap hari akan membuat kulit lebih bercahaya. Jus kurma juga meningkatkan kualitas kulit dan meningkatkan elastisitasnya karena mengandung vitamin C dan D. Selain itu juga bisa membantu dalam mengurangi tanda-tanda penuaan dan mengeluarkan cahaya alami dari dalam.

2 dari 3 halaman

Mencegah Kanker

Ada antioksidan dalam jus kurma yang membantu menghancurkan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel kanker. Jus kurma bisa membantu dalam pencegahan penyakit kanker.

Turunkan Kolesterol Jahat

LDL atau kolesterol jahat adalah salah satu alasan utama untuk masalah jantung dan stroke. Jus kurma termasuk cara terbaik untuk mengurangi LDL dalam tubuh melalui kandungan serat makanan dalam minuman.

Baik Bagi Usus

Jus kurma punya kualitas pencahar yang membuatnya menjadi pilihan agar mudah buang air besar. Segelas jus kurma bisa menjadi obat untuk sembelit, karena tingginya jumlah serat dalam minuman.

Menyehatkan Tulang dan Gigi

Kalsium, tembaga, mangan, dan magnesium adalah sejumlah mineral yang ada dalam jus kurma dalam jumlah yang baik. Berbagai unsur itu baik untuk kesehatan tulang dan gigi, terutama di bulan puasa seperti sekarang ini.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Resep Es Susu Kurma, Minuman Berbuka Puasa yang Menyegarkan
Artikel Selanjutnya
Alasan Kurma Cocok untuk Hidangan Buka Puasa