Sukses

4 Cara Nikmat Menyantap Kurma

Liputan6.com, Jakarta Di media sosial sedang ramai membahas mengenai kurma. Terlepas dari 'keramaian' di media sosial, rupanya ada banyak sajian makanan yang makin lezat dengan kehadiran tambahan kurma di dalamnya.

Mulai dari memadukan kurma menjadi milkshake di pagi hari, taburan di atas salad, menjadi salah satu bahan tambahan di makanan penutup. Berikut sajian lezat dengan kurma dilansir laman Smithsonian, Rabu (31/10/2018).

1. Kudapan

Di negara Timur Tengah dan Afrika bagian utara, ada banyak kudapan yang berbahan kurma. Salah satunya di Maroko. Biasanya, di negara ini ada kebiasaan menyediakan kue berbahan kurma saat ada perayaan kelahiran dan pernikahan.

Kudapan berbahan kurma tersebut disajikan bersama walnut, almond, dan pistacio, kemudian ditambah kayu manis dan pala. Semua bahan itu dijadikan satu, lalu dibuat dalam bentuk kudapan kotak seperti disampaikan chef Rafih Benjelloun.

2. Minuman

Memiliki manis alami membuat kurma jadi salah satu tambahan yang melezatkan jus atau minuman shake. Pendiri blog My Halal Kitchen, Yvonne Maffei, pernah mendapati aa banyak toko-toko kecil di Arizona dan California, Amerika Serikat, yang menjual kurma dalam bentuk minuman.Kurma dicampur dengan susu yang akan menghasilkan milkshake yang kental dan lezat.

"Ini cara yang begitu menarik memasukkan kurma ke dalam makanan," kata Yvonne.

 

Saksikan juga video menarik berikut

2 dari 2 halaman

Taburan salad, kue, dan masakan khas Maroko

3. Kue

Pasti Anda pernah mendapati kue, roti, pie dan cupcake dengan tambahan kurma seperit layaknya kismis."Kurma itu kering, sehingga bisa pas untuk masuk menjadi salah satu bahan di kue dan roti. Apalagi, ada rasa manis yang membuat semua lidah senang saat menyantapnya," kata penulis buku masak, Megan Gordon.

4. Taburan salad

Kurma dipotong-potong hingga kecil lalu bisa ditaburkan di atas roti, salad, dan hiasan pasta. Chef terkenal Gordon Ramsey pun pernah membuat sajian puding kukus menggunakan kurma.

5. Masakan daging khas Maroko

Kurma memang banyak ditemukan dalam kue dan roti. Namun, di Maroko banyak makanan berbahan daging yang ditambahkan kurma.

"Mamadukan daging dan kurma ditambah bumbu-bumbu khas Maroko seperti jinten, cabai, dan paprika akan menghadirkan rasa luar biasa," begitu seperti ditulis di laman Oprah.