Sukses

Selamat Hari Buruh 2019, Begini Doa dan Harapan Warganet

Liputan6.com, Jakarta - Tanggal 1 Mei adalah hari penting bagi para buruh di seluruh dunia yang selalu diperingati sebagai Hari Buruh Internasional atau May Day.

Hari Buruh merupakan perlawanan dari kalangan pekerja yang mengeluhkan pengetatan disiplin, pengintensifan jam kerja, minimnya upah yang diberikan dan buruknya kondisi kerja di tingkatan pabrik.

Peringatan Hari Buruh pun ramai dibahas para pengguna jejaring sosial Twitter. Pantauan Citizen6-Liputan6.com, hingga kini lini masa Twitter dibanjiri beragam twit warganet yang antusias mengucapkan dan mengutarakan harapan di Hari Buruh.

Saking banyaknya twit yang membanjiri lini masa, perbincangan Hari Buruh pun menjadi topik yang paling ramai dibahas warganet. Tagar #HariBuruh dan #MayDay pun berada di jajaran teratas trending topic Twitter kawasan Indonesia.

 

2 dari 2 halaman

Hari Buruh Menjadi Hari Libur

Hari Buruh bermula dari dua orang yang dianggap telah menyumbangkan gagasan untuk menghormati para pekerja, Peter McGuire dan Matthew Maguire, seorang pekerja mesin dari Paterson, New Jersey. 

Pada tahun 1872, McGuire dan 100.000 pekerja melakukan aksi mogok untuk menuntut pengurangan jam kerja. Sejak 1887, Oregon menjadi negara bagian pertama yang menjadikannya Hari Buruh menjadi hari libur umum.

Loading