Sukses

Ini Tips dan Trik Bermain Catur, Cocok bagi Pemula

Pecatur pemula perlu tahu tips dan trik bermain catur ini. Semangat jadi juara.

Liputan6.com, Jakarta Apabila ada yang bertanya, olahraga apa yang tidak mengeluarkan keringat, diam di tempat tapi menguras pikiran, maka jawab saja olahraganya ialah olahraga catur. Yup, catur merupakan cabang olahraga. 

Olahraga yang banyak diminati ini memang bukanlah olahraga yang banyak bergerak, melainkan olahraga otak yang banyak dibutuhkan fokus saat memainkannya. Adapun tips dan trik agar bisa bermain catur secara elegan dan pastinya menang, sudah terangkum dibawah ini.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Senin (25/3/2019) tentang tips & trik bermain catur. Cocok bagi Pemula.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Manajemen Emosi, atur waktu dan jangan lupa mapping.

1. Manajemen Emosi

Sudah bukan rahasia lagi kalau catur merupakan olahraga yang melelahkan pikiran. Sehingga siapa yang bisa memanajemen emosi dan berpikir secara tenang, kadang dialah yang jadi pemenangnya.

Cara menenangkan emosi ialah tarik nafas atau kadang siapkan air putih didekat kalian. Pastikan setiap mau melangkah tetapkan tujuan untuk menjebak atau mematikan lawan.

Apabila pikiran tenang dan tidak dikendalikan emosi, maka lawan akan tercengang dengan elegannya permainan catur kalian.

2. Pertimbangkan efek waktu

Dalam permainan catur ada waktu yang terus berjalan. Pada satu kali permainan batasnya ialah 90 menit dalam 30 langkah. Sehingga waktu untuk berpikir dalam sekali langkah ialah 3 menit saja.

Jangan terlalu ambil cepat langkah, setidaknya dimenit kedua sudah tentukan langkah. Pastikan juga siapkan langkah-langkah berikutnya, dan lakukan manajemen waktu. Jangan sampai bergerak dimenit mendekati 3, karena akan ada waktu buat lawan mengatur strategi. Ingat strategi dalam catur adalah hal utama untuk bisa jadi pemenang selain pikiran tenang.

3. Lakukan Mapping

Langkah elegan selanjutnya, lakukanlah mapping atau pemetaan permainan. Ini murni berkaitan dengan strategi. Aturlah sedemikian rupa, seperti kuda yang memporak-porandakan pertahanan lawan, benteng yang melindungi pertahanan raja hingga perdana menteri yang freerole menjebak lawan dan mematikan lawan sana sini.

Dengan mengetahui pemetaan ini, maka strategi akan berjalan dengan mulus.

3 dari 5 halaman

Atur siapa yang dahulu jalan, jaga prajurit dan prediksi langkah lawan.

4. Atur Siapa Dahulu yang Berjalan

Dengan adanya mapping, kita memahami bagaimana fungsi posisi permainan, lalu setelah itu tentukan siapa dahulu yang berjalan.

Tentu di langkah awal, prajurit yang berjalan. Setelah itu ada baiknya kuda melakukan tugasnya untuk mengacaukan pertahanan lawan dengan gerakan huruf L nya. Lalu setelah kuda menyelesaikan tugasnya, barulah Gajah bergerak.

Setelah itu maikan free role dari perdana menteri, sementara benteng akan bekerja defensif untuk menjaga sang raja.

5. Jagalah Prajurit

Walaupun cuma prajurit, tapi bisa saja dijadikan jebakan dengan proses menjaga prajurit oleh pejabat seperti kuda, gajah, benteng, bahkan perdana menteri sekali pun. Pasang prajurit di posisi yang aman, sehingga ketika lawan mau memakan akan berpikir dua kali.

6. Prediksi beberapa langkah lawan

Selain menyiapkan strategi permainan kita, ada baiknya kita juga melakukan pengamatan terhadap gerakan lawan. Kita prediksi beberapa langkah dari lawan. Jika gerakannya kesini, maka kita harus siapkan antisipasinya. Sempitkan gerakan lawan kalau bisa, dan sudutkan. Dengan analisis pergerakan lawan, kita akan elegan menyelesaikan permainan catur kita.

4 dari 5 halaman

Perlu sesekali terdesak, dan jangan buru-buru skak

7. Kadang relakan pejabat kalau terdesak

Ada satu sisi permainan, di mana ada saling makan memakan, apabila sekiranya pejabat bukanlah perdana menteri dan benteng, maka ikhlaskan saja. Namun, dengan catatan kita juga mendapatkan pejabat mereka. Walaupun begitu, tetap saja, permainan akan berjalan.

8. Jangan terlalu eksplorasi gerakan prajurit

Meski hanya prajurit, catur seringkali diperumpamakan sebagai kerajaan. Maka, prajurit harus ditahan dan dibela mati-matian. Artinya, jangan mengeksplorasi berlebihan gerakan prajurit.

Ingat, prajurit juga bisa difungsikan untuk menjebak. Bahkan, di akhir permainan, prajurit bisa berubah menjadi perdana menteri apabila menyentuh papan terakhir musuh. Maka, gerakanlah prajurit seefektif mungkin.

9. Jangan buru-buru lakukan skak

Kadang senangnya bermain catur ialah melakukan skak. Namun, apabila melakukan skak yang berlebihan bisa saja malah akan mengacaukan permainan.

Ingat, lebih baik mengacaukan para pejabat dan prajurit terlebih dahulu, daripada menyerang raja. Bahkan, pastikan kalian sabar menunggu momen skak. Jangan sampai jadi bumerang bagi diri sendiri dengan kebanyakan lakukan skak.

Menunggu momen yang tepat adalah usaha yang perlu ditingkatkan, sehingga pergerakan kita untuk mengakhiri permainan dengan elegan dapat terwujud.

5 dari 5 halaman

Manajemen benteng dan tetap fokus.

10. Manajemen Benteng

Ingatlah bahwa fungsi kerja benteng ialah untuk pertahanan menemani sang raja. Oleh sebab itu, benteng bergerak di akhir-akhir permainan. Disarankan dalam memainkan benteng untuk menyerang, ketika mereka sudah kehilangan banyak pejabat.

Benteng akan bergerak secara dinamis dan mematikan lawan kalau bergerak bersamaan. Artinya dua benteng sekaligus tertumpuk pada lajur terbuka. Dengan demikian, kalian akan dengan leluasa mengeksploitasi pertahanan lawan. 

11. Pada langkah awal 4 prajurit jangan digerakkan

Seperti dijelaskan di poin atas, prajurit jangan dieksplorasi habis-habisan dengan melangkah sembarangan. Dengan langkah sembarangan, maka bisa jadi pertahanan malah terbuka dan menciptakan peluang bagi musuh. Jadi pada saat permainan, ada baiknya tidak lebih dari empat prajurit yang bergerak. Ada baiknya kuda terlebih dahulu mencari peluang untuk mengacaukan pertahanan lawan.

12. Tenang, fokus dan kendalikan

Inti permainan catur selain strategi ialah ketenangan. Pastikan kalian tenang dan fokus untuk mengikuti permainan catur. Jangan lihatkan gestur bingung, ataupun ucapan-ucapan tidak penting seperti provokasi.

Tetap tenang dan kendalikan emosi jadi peran utama, terlihat cool, tapi dengan sudah menyiapkan beberapa langkah ke depan. Jadi dengan ketenangan yang terkendali, lawan akan terperangah dan mengakui bahwa permainan catur kita sangat elegan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini