Sukses

Cara Membuat Tempat Pensil dari Kain Flanel, Mudah dan Murah

Liputan6.com, Jakarta Jika kamu punya banyak alat tulis yang berceceran dan membuat kamar atau meja kerja tidak rapi dan kamu bingung mencari wadah yang bagus untuk menampung semua barang yang berserakan. Tenang, daripada kamu beli wadah baru lebih baik kamu buat saja. Salah satu bahan material yang mudah kamu jadikan bahan untuk membuatnya adalah flanel.

Kain flanel sendiri merupakan satu di antara banyak material yang bisa kamu gunakan untuk membuat kerajinan tangan yang dan banyak dipakai orang hingga saat ini. Dari tekstur bahannya yang lembut dan berbagai macam warnanya yang menarik, maka makin menjadikan kain flanel sebagai satu di antara bahan paling utama untuk membuat kerajinan tangan yang banyak dipakai orang-orang kreatif.

Selain tekstur barang yang baik, kain flanel juga mudah diperoleh di beberapa toko paling dekat dari tempat tinggal kamu serta harganya juga murah. Oleh sebab itu, banyak kelebihan yang bisa kamu manfaatkan dengan menggunakan flanel ini dalam membuat kreasi. Tidak terkecuali dalam membuat tempat pensil dari flanel.

Berikut Liputan6.com rangkum cara membuat tempat pensil dari kain flannel yang mudah dan gampang kamu praktikkan, Selasa (19/3/2019).

2 dari 4 halaman

Cara membuat tempat pensil dari kain flanel pita

Bahan bahan yang harus disiapkan:

1. Kain flanel ukuran sedang

2. Gunting

3. Lem tembak

Cara membuat:

1. Potong kain dengan potongan kecil, dan kain lain yang lebih lebar.

2. Gunting bagian pinggirnya hingga lebih rapi.

3. Buat kain lebar itu menjadi kain yang dilipat dua menyerupai tempat pensil dengan dua kantong.

4. Lem bagian pinggir dan rekatkan.

5. Lakukan hal yang sama pada kain yang lebih panjang.

6. Sekarang kamu punya dua kain, yang satu adalah kain lebar untuk tempat pensil, dan kain panjang sebagai pengikatnya.

7. Rekatkan dua kain itu tepat di bagian tengah.

8. Sekarang kamu sudah punya tempat pensil sederhana.

9. Masukkan peralatan tulis kamu dalam kantong kain.

10. Ikat bagian tempat pensil di bagian sisi belakangnya.

11. Sekarang jadilah tempat pensil cute bentuk pita.

 

3 dari 4 halaman

Cara membuat tempat pensil dari kain flanel saku

Bahan bahan yang harus disiapkan:

1. Kain flanel

2. Jarum dan benang

3. Kancing

4. Gunting

5. Pita

Cara membuat:

1. Potong kain flanel yang ada dengan panjang yang sama seperti ukuran pensil dan pulpen. Karena kamu tidak akan meletakkan satu benda saja di dalam tempat pensil ini, jadi buat lebarnya sesuai dengan ukuran beberapa alat tulis yang akan anda simpan di dalamnya nanti.

2. Gunakan jarum dan benang untuk menjahit masing-masing sisi tempat pensil. Pastikan juga seluruh jahitan lurus dengan sempurna. Anak-anak yang ingin belajar menjahit, bisa menjahit dengan jarum benang atau mesin jahit.

3. Jahit kancing dengan jarum dan benang. Kancing ini nantinya yang akan jadi kunci untuk tempat pensil. Jadi, jahitlah sesuai sama tempat yang pas.

4. Potong bagian tutup tempat pensil ini berbentuk sedikit garis atau lubang. Nah, lubang ini nantinya akan dikaitkan dengan kancing yang tadi sudah terpasang untuk tutup tempat pensil agar nanti isinya tidak jatuh keluar.

5. Untuk menghias tempat pensil, buat bunga mawar dari kain flanel lalu jahitlah di bagian tepi tempat pensil.

6. Berikanlah aksesories, payet, atau hiasan lain untuk membuat cantik tampilan tempat pensil berbentuk saku ini. Inilah Cara membuat tempat pensil dari kain flannel saku yang mudah dan gampangkan.

4 dari 4 halaman

Cara membuat tempat pensil dari kain flanel gulung

Bahan bahan yang harus disiapkan:

1. Kain flanel

2. Pembolong kertas

3. Pita

4. Mesin jahit

5. Gunting

6. Benang dan jarum

7. Pin

Cara membuat:

1. Potong kain flanel jadi dua bentuk persegi panjang yang sama ukurannya. Pastikan agar tidak memotong dengan ukuran yang terlalu kecil karena kain itu nantinya akan digulung.

2. Tandai satu di antara kain flanel dengan pembolong kertas sekitaran ½ inch dari segi tepi kain. Lantas, berikanlah tanda dengan bolongan di bagian atas dan bawah garis, pada masing-masing jarak ¾ inch. Pastikan bolongan ini bisa berakhir di titik yang juga berjarak ½ inch dari tepi kain.

3. Ambillah kain flanel yang tidak dilubangi, tumpuk dengan kain flanel yang sudah dilubangi.

4. Lanjutkan dengan menjahit di masing-masing tepi ke-2 kain flanel agar sisi satu sama lain senantiasa menempel.

5. Jahit garis lurus di samping masing-masing lubang yang tadi sudah di buat. Garis ini akan jadi sekat yang memisahkan satu pensil dengan pensil yang lain.

6. Dengan menggunakan jarum dan benang, jahitlah pita di bagian luar kain flanel. Pita ini nantinya akan digunakan untuk mengikat tempat pensil ini.

7. Masukkan pensil dan bolpen ke dalam kain lubang yang tadi sudah di buat. Pensil harus dimasukkan ke dalam lubang-lubang yang ada pada satu garis lurus.

8. Cara membuat tempat pensil dari kain flannel gulung ini bisa kamu praktikkan di rumah ya, kalau bisa dibantu oleh orangtua.