Sukses

Berusia 116 Tahun, Manusia Tertua di Dunia Beberkan Rahasianya

Liputan6.com, Jakarta - Pada 9 Maret 2019, Guinness World Records secara resmi mengonfimasi Kane Tanaka dari Fukuoka, Jepang sebagai orang tertua di dunia yang masih hidup. Lansia berusia 116 tahun ini menikmati setiap saat hidupnya meski mengalami banyak masalah kesehatan di usianya yang lanjut.

Kane Tanaka lahir pada 2 Januari 1903. Itu merupakan tahun yang sama ketika Wright bersaudara melakukan penerbangan mereka. Ia merupakan anak ketujuh di keluarganya dan memiliki 5 anak dalam pernikahannya dengan Hideo Tanaka.

Pada tahun 1937, sang suami dipanggil untuk dinas militer. Kane kemudian terjun pada bisnis keluarga yang awalnya dipegang oleh sang suami, yakni memproduksi dan menjual ketan, permen tradisional Jepang, serta mie udon. Ia terus bekerja di toko keluarga sampai pensiun pada usia 63 tahun.

 

2 dari 2 halaman

Rahasia Umur Panjang

Saat ditanyakan apa rahasia umur panjangnya tapi tetap menjalani hidup yang bahagia, berikut tips yang ia beberkan seperti dilansir dari Brightside.me.

1. Bangun lebih awal

Kane biasanya bangun pada pukul 6 pagi dan siap untuk memulai harinya.

2. Tetap belajar dan melatih otak

Salah satu hiburan favorit manusia tertua di dunia ini ternyata membaca dan belajar matematika.

3. Tetap aktif dan bergaul

Tak ada alasan untuk hidup aktif meski usia telah lanjut. Ia sangat suka bercengkerama dengan orang-orang yang ia temui. Ia juga sangat ahli dalam permainan papan.

4. Makan cokelat dan minum kopi

Itu yang ia lakukan untuk menjaga mood-nya tetap baik. Pada perayaan pemberian gelar 116 tahun itu saja saat Kane diberi sekotak cokela, ia langsung memakannya.

Kane juga memuji keluarganya karena hidupnya yang bahagia dan berumur panjang. Namun, rahasia paling penting menurut Kane adalah tidak kehilangan harapan apa pun yang terjadi.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Berkat Wolverine, Hugh Jackman Masuk Guinness World Records
Artikel Selanjutnya
Bukan Titi Wati, Pria Ini Pemilik Berat Badan Terbesar Sepanjang Sejarah