Sukses

Cara Membuat Rumah dari Stik Es Krim, Alternatif Mainan untuk Anak

Liputan6.com, Jakarta Memanfaatkan barang bekas merupakan hal yang hanya dapat dilakukan oleh sebagian orang saja. Padahal dari barang bekas kamu bisa membuat suatu karya yang baru dan menarik. Banyak kerajinan tangan unik yang sebenarnya berbahan dasar dari barang bekas. Salah satunya dari stik es krim.

Bagi kamu yang suka mengonsumsi es krim, stik es krim tersebut bisa kamu kumpulkan untuk dijadikan sebuah karya tangan yang menarik. Jika kamu tidak memilikinya, kamu bisa membeli stik es krim yang banyak dijual di toko-toko seperti supermarket atau toserba. Dari bahan stik es krim kamu bisa membuat kerajinan miniatur rumah.

Kamu pasti sering melihat kerajinan miniatur rumah yang terbuat dari stik es krim. Daripada kamu mengeluarkan biaya banyak untuk membeli miniatur rumah tersebut, kamu juga bisa membuatnya sendiri.

Cara membuat rumah dari stik es krim sebenarnya cukup mudah untuk kamu lakukan sendiri di rumah. Kamu bisa berkreasi sendiri dalam membuat miniatur rumah dari stik es krim. Tapi bagi kamu yang belum mengetahui cara membuat rumah dari stik es krim, kamu bisa simak caranya di bawah ini.

2 dari 6 halaman

Persiapkan Bahan dan Alat

Dilansir Liputan6.com, Kamis (14/3/2019) dari berbagai sumber, berikut akan menunjukkan padamu cara membuat rumah dari stik es krim yang bisa kamu coba di rumah dengan bahan-bahan dan alat yang mudah kamu dapatkan.

Beberapa bahan dan alat yang perlu persiapkan terlebih dahulu antara lain:

- Kertas karton atau kertas kardus

- Stik es krim kurang lebih 100 buah

- Gunting

- Penggaris

- Cutter

- Lem tembak atau lem kayu

3 dari 6 halaman

Cara membuat rumah dengan stik es krim

Setelah mengumpulkan bahan dan alat yang diperlukan, kini bisa kamu simak cara membuat rumah dengan stik es krim dengan mudah sebagai berikut:

1. Letakkan kertas karton atau kertas kardus untuk alas. Kamu bisa lapisi kertas karton dengan koran agar lem tidak merusak permukaan alas miniatur rumah nantinya.

2. Susun stik es krim membentuk segi empat dengan 4 buah stik. Buatlah sebanyak 4 buah. Beri lem di setiap sudutnya. 4 buah segi empat ini akan menjadi kerangka dinding rumah.

3. Lalu tutupi bingkai segi empat tersebut dengan stik es krim lainnya. Beri lem pada sisi ujung-ujungnya. Usahakan rapat agar tidak ada celah. Jika stik terakhir tidak muat karena berlebihan atau kurang, kamu bisa memotongnya menggunakan cutter. Ulangi cara tersebut pada keempat bingkai segi empat.

4 dari 6 halaman

Merakit atap rumah

4. Kini buat 3 buah kerangka segitiga untuk atapnya. Beri lem pada sudut-sudutnya agar merekat kuat. 2 buah segitiga akan menjadi sisi depan dan belakang atapnya, satu kerangka segitiga bisa kamu letakkan ditengah agar semakin kokoh.

5. Setelah itu, letakkan 10 stik secara mendatar kemudian beri lem agar merekat. Kemudian tempelkan kerangka dua segitiga tadi pada sisi atas dan bawah stik mendatar dengan posisi berdiri.

6. Letakkan set atap kedua. Caranya sama dengan sebelumnya seperti membuat set atap pertama. Tutupi seluruh kerangka atap dengan cara yang sama.

5 dari 6 halaman

Merakit badan rumah

7. Langkah selanjutnya adalah merakit badan rumah. Kerangka segi empat yang telah dibuat, potong pada bagian yang akan kamu buat sebagai jendela. Kamu bisa menggunakan alat bantu penggaris dan cutter untuk memotongnya. Biasanya jendela berada di pojok atau di tengah. Potong dua kerangka segi empat untuk dijadikan dinding yang ada jendelanya.

8. Lalu tempelkan seluruh bagian dinding (4 buah kerangka segi empat) dengan menggunakan lem. Kamu harus sedikit berhati-hati agar susunan stik es krim tidak rusak dan miring.

6 dari 6 halaman

Merakit keseluruhan rumah

9. Kemudian pasanglah atap yang berbentuk segitiga tadi pada bagian atas badan rumah. Beri lem pada ujung setiap stik es krim dan pasang dengan hati-hati. Jika kamu ingin memberikan hiasan pada bagian dalam rumah, sebaiknya kamu lakukan sebelum memasang atap rumahnya.

10. Beri warna pada rumah. Kamu bisa beri warna pada miniatur rumahmu agar terlihat menarik. Kamu juga bisa menghiasinya dengan menempalkan beberapa kertas kado untuk polanya. Namun jika kamu lebih menyukai warna asli stik es krim, maka kamu tak perlu mewarnainya.

Demikian cara membuat rumah dari stik es krim yang mudah diikuti bagi kamu yang masih pemula. Kamu bisa tambahkan berbagai aksesoris pendukung lainnya agar miniatur rumahmu lebih terlihat cantik dan menarik lagi.

Ngeri, Buaya Berkeliaran di Rumah Warga di Sentani
Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Make Up Sendiri untuk Pesta dengan Mudah, Mulai dari Tampil Natural Sampai Glamor
Artikel Selanjutnya
Jenis Hamster Langka dan Harganya, Bisa Jadi Referensi Hewan Peliharaan