Sukses

Begini Ciri-Ciri Orang Munafik dalam Islam, Salah Satunya Suka Ingkar Janji

Liputan6.com, Jakarta Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, munafik ialah berpura-pura percaya atau setia dan sebagainya kepada agama dan sebagainya. Tetapi sebenarnya dalam hatinya tidak. Selalu mengatakan sesuatu yang tidak sesuai dengan perbuatannya dan bermuka dua. 

Dalam Islam, munafik ialah salah satu kategori atau golongan manusia yang diletakkan tarafnya lebih rendah daripada muslim biasa. Bahkan ada pula loh ciri-ciri orang munafik. Tentu saja kamu perlu mewaspadai mereka yang termasuk dalam ciri-ciri orang munafik. Selain itu, jangan sampai kamu termasuk orang yang munafik.

Seseorang yang senang mengatakan sesuatu yang berbeda dari seharusnya dengan tujuan tertentu ini juga bisa disebut sebagai orang munafik. Namun banyak orang ataupun mungkin termasuk kamu yang hanya mengerti munafik sebatas itu saja. Nyatanya ada banyak loh ciri-ciri orang munafik dalam Islam.

Lebih lanjut tentang ciri-ciri orang munafik, Liputan6.com telah merangkumnya dari berbagai sumber yang bisa kamu simak berikut ini, Selasa (12/3/2019).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 8 halaman

1. Dusta

Dalam sebuah kitab Sahih Bukhari dan Muslim, Rasulullah pun bersabda, sebagi berikut: 

"Tanda orang munafik ada tiga, salah satunya adalah jika berbicara dia dusta." (HR. Sahih dan Muslim)

Seseorang yang senang berdusta ataupun berbohong merupakan ciri-ciri orang munafik. Hal ini dikarena tindakan berdusta ataupun berbohong merupakan tindakan yang dibenci oleh agama serta merupakan tindakan yang tercela. 

Selain itu, berbohong pada orang lain pun hanya akan memberikan kerugian dan juga lebih banyak mudorotnya. Tentu saja jika kamu tahu seseorang yang senang berdusta ataupun berbohong, tentu saja kamu tidak bisa untuk percaya pada setiap perkataan yang dikeluarkan. 

Selain itu dalam sebuah hadist riwayat Imam Ahmad Musnad, Rasulullah bersabda:

"Celaka baginya, celaka baginya, celaka baginya. Iaitu seseorang yang berdusta agar orang-orang tertawa." (HR. Imam Ahmad Musnad)

Dalam Al-Quran Surat Al-Ahzab ayat 24 pun telah diterangkan, apabila seseorang yang munafik akan mendapatkan balasan dari Allah SWT, yang artinya sebagai berikut:

“Supaya Allah memberikan balasan kepada orang-orang yang benar itu karena kebenarannya, dan menyiksa orang munafik jika dikehendaki-Nya, atau menerima taubat mereka. Sesungguhnya Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (Q.S Al-Ahzab ayat 24)

3 dari 8 halaman

2. Khianat

Khianat sendiri merupakan sifat seseorang yang tidak bisa menepati apa yang telah dijanjikan oleh dirinya tanpa sebab dan kejelasan. Bahkan bila tidak ada halangan yang benar-benar menghalangi, maka ia termasuk dalam ciri-ciri orang munafik.

Khianat sendiri merupakan perbuatan yang tidak setia dan bertentangan dengan janji yang dibuat. Islam pun sangat membenci dan juga melarang umatnya untuk berkhianat. Hal ini karena akan ada seseorang yang tersakiti jika kepercayaannya dikhianati.

4 dari 8 halaman

3. Fujur dalam pertikaian

Ciri-ciri orang munafik selanjutnya ialah fujur. Fujur sendiri perupakan sebuah sikap yang keluar secara berlebihan dan melampaui batas saat berada dalam sebuah pertikaian secara sengaja.

Hal ini pun menunjukkan seseorang yang memiliki sifat ingin menang sendiri dan ia tidak menerima jika kalah. Tentu saja sikap ini pun sangat tidak baik bagi manusia. Oleh sebab itu kamu harus menjauhi sikap ini saat bertengkar jika tak ingin masuk dalam ciri-ciri orang munafik.

5 dari 8 halaman

4. Ingkar Janji

Tidak bisa memegang perkataan ataupun sebuah janji yang telah disepakati termasuk pula dalam ciri-ciri orang munafik. Tentu saja bila seseorang telah berjanji, maka orang tersebut harus menepatinya.

Karena menepati janji hukumnya wajib. Dalah Al-Quran Surat An- Nahl ayat 91 pun disebutkan mengenai janji yang tak boleh diingkari, yang artinya sebagai berikut. 

“Dan tepatilah perjanjian dengan Allah apabila kamu berjanji dan janganlah kamu membatalkan sumpah-sumpah(mu) itu, sesudah meneguhkannya, sedang kamu telah menjadikan Allah sebagai saksimu (terhadap sumpah-sumpahmu itu). Sesungguhnya Allah mengetahui apa yang kamu perbuat.” (QS. An- Nahl ayat 91)

6 dari 8 halaman

5. Malas beribadah

Ternyata seseorang yang malas beribadah pun tergolong dalam orang yang munafik. Karena seseorang yang malah beribadah ini menipu Allah SWT. Seperti dalam surat An-Nisa ayat 142 yang artinya:

“Sesungguhnya orang-orang munafik itu menipu Allah, dan Allah akan membalas tipuan mereka. Dan apabila mereka berdiri untuk shalat mereka berdiri dengan malas. Mereka bermaksud riya (dengan shalat) di hadapan manusia. Dan tidaklah mereka menyebut Allah kecuali sedikit sekali.”

7 dari 8 halaman

6. Riya

Sifat sombong yang sangat dibenci oleh Allah SWT ini bisa menjadi salah satu ciri-ciri orang munafik. Seseorang yang senang memamerkan sesuatu agar dilihat dan mendapatkan pujian dari orang lain ini tentu saja tidak baik.

Tentu saja seseorang yang memiliki sifat riya ini nantinya akan mendapat balasan yang setimpal dari Allah SWT. Hal ini pun dijelaskan dalam Al-Quran Surat Al-Maa’un ayat 4 sampai 7.

“4. Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat. 5. (yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya. 6. orang-orang yang berbuat riya. 7. dan enggan (menolong dengan) barang berguna, sedikit Berzikir.”

8 dari 8 halaman

7. Senang melebih-lebihkan

Senang melebih-lebihkan suatu kejadian dan menyebarkannya merupakan salah satu sifat munafik. Oleh sebab itu jika ada suatu berita ataupun kejadian, janganlah kamu menyebarkannya dengan bumbu-bumbu untuk memperkeruh suasana.

Karena bila kamu melakukan hal tersebut, maka kamu termasuk seseorang yang memiliki sifat munafik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.