Sukses

Membuat Tanda Tangan yang Baik, Ini 5 Caranya yang Benar

Dilengkapi informasi kepribadian dilihat dari tanda tangan.

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang mengira bahwa kartu identitas seperti KTP adalah satu-satunya tanda pengenal bagi seseorang. Padahal, terdapat tanda pengenal lain yang digunakan untuk mengidentifikasi informasi seseorang. Misalnya adalah sidik jari dan tanda tangan. 

Setiap orang memiliki pola sidik jari yang berbeda satu sama lain. Selain sidik jari, tanda tangan juga berfungsi sebagai identitas diri.

Tanda tangan biasanya dibubuhkan pada dokumen penting sebagai tanda persetujuan. Namun sebelum membubuhkan tanda tangan tidak jarang diperlukan materai untuk memperkuat sebuah kesepakatan.

Pemalsuan tanda tangan juga dikhawatirkan akan berdampak buruk di kemudian hari. Misalnya adalah penipuan berupa penyalahgunaan identitas seseorang demi keuntungan pribadi. Dengan demikian, sudah jelas bahwa tanda tangan tidak boleh diberikan kepada orang lain secara bebas.

Untuk menghindari penyalahgunaan identitas yang menyebabkan kerugian, kamu harus mulai membuat tanda tangan yang baik dan benar. Tak hanya sebagai identifikasi diri secara hukum, tanda tangan juga bisa diartikan sebagai bentuk ekspresi individu.

Selengkapnya, yuk simak cara membuat tanda tangan yang baik seperti yang dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (11/3/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara membuat tanda tangan yang baik

1. Ambil Nama Depan atau Inisial

Kamu dapat membuat tanda tangan berdasarkan nama depan maupun inisial. Mulailah menulis huruf pertama seunik mungkin agar tidak mudah ditiru. Kamu bisa memilih font tertentu seperti yang terdapat dalam komputer, lalu dikreasikan sesuai tingkat kreatifitasmu.

2. Tentukan Arah yang Paling Tepat

Seperti yang kamu tahu, bentuk tanda tangan secara tidak langsung terlihat seperti lukisan kaligrafi yang biasa kamu temui. Kaligrafi sendiri tidak jauh berbeda dengan lukisan gambar pada umumnya.

Untuk itu, tentukan arah tanda tangan sesuai dengan keinginanmu. Jangan sampai membuat tanda tangan yang kurang jelas arahnya sehingga membuatmu bingung saat menuliskannya.

3. Beri Gaya atau Kreasi Khusus

Selain menentukan inisial dan arah, kamu juga harus memberi kreasi yang unik agar tanda tanganmu tidak terlihat terlalu sederhana sehingga mudah untuk ditiru.

Berilah gaya atau kreasi khusus untuk memberi kesan rumit, yang hanya kamu sendiri yang mengetahuinya. Kamu juga bisa mencari inspirasi tanda tangan unik di internet untuk memperindah tanda tanganmu.

4. Berlatih Terus Menerus

Setelah menemukan gaya dan arah tanda tangan pilihan, kamu harus terus mengulangi menulis tanda tangan agar kamu tidak mudah lupa. Menulis tanda tangan hampir mirip dengan hafalan karena kamu dituntut untuk menghafal langkahnya secara urut untuk digunakan di kesempatan berikutnya.

5. Konsisten

Tanda tangan adalah identitas diri secara hukum. Untuk itu, kamu juga harus selalu konsisten dalam menuliskan tanda tangan.

Konsisten dalam artian ukuran lebar dan tinggi tanda tangan, serta besar kecilnya. Mungkin kamu sendiri tidak menyadarinya, namun orang lain akan dengan mudah melihat ketidakcocokan tanda tangan karena kamu tidak konsisten.

3 dari 3 halaman

Melihat Kepribadian Seseorang dari Tanda Tangan

Setelah mengetahui cara membuat tanda tangan yang baik, mungkin kamu penasaran dengan arti goresan tanda tangan yang kamu buat ataupun sekedar ingin tahu arti tanda tangan milik orang lain. Berikut adalah jenis tanda tangan yang bisa kamu ketahui artinya:

1. Ukuran Terlalu Besar atau Terlalu Kecil

Ukuran besar kecilnya suatu tanda tangan bisa menunjukkan kepribadian seseorang. Semakin kecil ukuran tanda tangan yang kamu tuliskan, maka berarti kamu termasuk seseorang yang tertutup dan pendiam.

Kamu juga termasuk orang yang memiliki banyak rahasia yang tak bisa dibagi dengan orang lain.

Sebaliknya, jika kamu memiliki tanda tangan yang berukuran cukup besar, kamu termasuk seseorang yang memiliki harapan, kebanggaan serta keyakinan pada diri sendiri yang cukup besar.

Namun, salah satu sisi buruknya adalah kamu suka cari perhatian, egois, dan terlalu percaya diri.

2. Tanda Tangan Penuh Hiasan

Arti tanda tangan yang dipenuhi hiasan ini ialah kamu termasuk orang yang ingin menunjukan bahwa kamu ingin mendapat perhatian dari orang lain. Akan tetapi seseorang dengan tanda tangan penuh hiasan dan dekorasi ini dapat berarti kamu seseorang yang kurang percaya diri.

3. Tanda Tangan Miring ke Atas

Tanda tangan yang miring ke atas ini berarti kamu memiliki kepribadian yang selalu menganggap masa depan itu cerah dan percaya diri tinggi. Seseorang yang memiliki tanda tangan miring ke atas ini juga cenderung memiliki semangat kerja yang tinggi.

4. Tanda Tangan Berakhir Garis Bawah

Seseorang dengan tanda tangan yang mempunyai garis bawah cenderung memiliki sifat yang penuh dengan keberanian dan keyakinan. Tanda tangan yang di akhiri dengan garis bawah juga menunjukan bahwa orang tersebut pantang menyerah.

5. anda Tangan yang Tegak

Jika kamu atau seseorang yang kamu kenal memiliki tanda tangan yang tegak, maka dapat diartikan kamu termasuk dalam orang yang pandai beradaptasi dan memiliki emosi yang stabil.

Selain itu arti tanda tangan tegak ini seringkali menunjukkan bahwa kamu memiliki pribadi yang kaku

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.