Sukses

Jumlah Push Up yang Kamu Bisa Ternyata Terkait dengan Tingkat Kesehatanmu

Sebuah penelitian menemukan kaitan antara kemampuan antara jumlah push up yang bisa dilakukan dengan kesehatan seseorang.

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki tubuh yang sehat dan kuat adalah dambaan setiap orang. Rajin berolahraga dapat membantu kamu mewujudkan hal tersebut. Yang menarik, sebuah penelitian menemukan kaitan antara kemampuan antara jumlah push up yang bisa dilakukan dengan kesehatan seseorang.

Lebih jauh, diketahui bahwa seseorang yang mampu push up hingga jumlah tertentu jauh dari penyakit kardiovaskular yang mengincar jantung. Menurut The New York Times, bila seseorang mampu melakukan push up lebih dari 40 kali yang dilakukan secara rutin, maka orang tersebut jauh lebih kecil kemungkinan memiliki masalah jantung di kemudian hari.

Ini bila dibandingkan dengan pria yang hanya bisa melakukan 10 kali push up atau bahkan kurang dari itu.

"Penemuan kami membuktikan, push up bisa menjadi metode yang mudah dan gratis untuk membantu memeriksa adanya tanda penyakit kardiovaskular dalam hampir segala situasi," kata penulis studi, Justin Yang.

Dari penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan tersebut didapatkan bahwa kapasitas push up lebih memiliki kaitan dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular ketimbang tes treadmill. Harvard, Universitas Indiana, dan lembaga-lembaga lainnya melakukan penelitian dengan mengambil data kesehatan dari sekitar 1.500 pria petugas pemadam kebakaran Indiana.

Mereka harus menjalani pemeriksaan medis tahunan, termasuk uji push up. Tes push up dilakukan dengan cara tiap orang harus melakukannya sebanyak yang mereka bisa hingga maksimal 80 kali push up.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hasil Penelitian

Selama masa studi satu dekade, 37 orang dilaporkan memiliki penyakit kardiovaskular. Mereka adalah kelompok yang hanya mampu melakukan push up sebanyak 40 kali atau kurang selama latihan dasar.

Dari hasil penelitian, para peneliti menyimpulkan bahwa pria yang bisa melakukan lebih dari 40 kali push up mampu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular hingga 96 persen. Dengan kata lain, push up mampu bekerja dengan baik sebagai alternatif untuk menjaga kesehatan jantung.

Diketahui, penyakit kardiovaskular merupakan penyebab kematian nomor satu di seluruh dunia. Dengan penelitian tersebut, dapat membuka jalan bagi kita untuk menjaga kesehatan dengan cara sederhana dan murah.

Reporter: Lola Lolita

Sumber: Brilio.net

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.