Sukses

50 Kosa Kata Bahasa Inggris Sehari-Hari yang Mudah untuk Pemula

Liputan6.com, Jakarta Di era globalisasi seperti saat ini, rasanya mempelajari bahasa Inggris merupakan sebuah kewajiban bagi setiap orang. Selain menjadi bahasa internasional, bahasa ini juga dibutuhkan di dunia kerja. Pasalnya, sebagian perusahaan besar saat ini memang membutuhkan karyawan yang fasih berbahasa Inggris.

Namun, bukan hanya perusahaan yang berasal dari luar saja, sebagian besar perusahaan lokal yang sudah berskala besar juga menerapkan sistem yang sama. Tentunya mempelajari bahasa Inggris sudah menjadi pekerjaan rumah untuk anak muda ataupun pekerja profesional.

Jika ternyata selama ini kamu belum menguasai, maka tidak ada salahnya untuk segera belajar mulai sekarang. Kamu bisa memperdalam bahasa Inggris dengan mudah dengan mengikuti kursus. Saat ini, hampir di setiap daerah memiliki tempat kursus bahasa Inggris.

Mengikuti kursus bahasa Inggris mungkin jadi alternatif terbaik supaya bisa berkomunikasi dengan lancar. Jalan lain agar kamu bisa mahir berbahasa Inggris tanpa mengikuti kursus yaitu dengan belajar otodidak. Selain tidak mengeluarkan biaya yang cukup banyak, kamu pun bisa mengatur jadwal belajar sesuka hatimu.

Selain mempelajari tenses, kamu juga bisa mempelajari kosa kata bahasa Inggris sehari-hari. Tentunya dengan mempelajari kosa kata bahasa Inggris sehari-hari akan mempermudah kamu untuk fasih berbicara bahasa internasional ini.

Oleh karena itu, berikut telah disajikan kosa kata bahasa Inggris sehari-hari. Berikut kosa kata bahasa Inggris sehari-hari yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (28/2/2019).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 7 halaman

Kosa kata bahasa Inggris sehari-hari tentang keterangan waktu

now                 sekarang

today               hari ini

later                nanti

last night         tadi malam

yesterday        kemarin

tonight            malam ini

this week         minggu ini

midday            tengah hari

just now          baru saja

two hours        dua jam

forever            selamanya

next year         tahun depan

3 dari 7 halaman

Kosa kata bahasa Inggris sehari-hari tentang pekerjaan

shoes maker              tukang sepatu

dancer                       penari

aurist                        dokter telinga

laborer                      pekerja

teacher                     guru

carpenter                  tukang kayu

merchant                  pedagang

minister                    menteri

fisherman                 nelayan

student                     siswa, mahasiswa

4 dari 7 halaman

Kosa kata bahasa Inggris sehari-hari tentang makanan

cake               kue

salt                garam

egg                telur

chicken           ayam

flour               tepung

spice              bumbu

vegetable       sayur-sayuran

fish                ikan

sugar             gula

bread             roti

5 dari 7 halaman

Kosa kata bahasa Inggris sehari-hari tentang arah mata angin

east                  timur

west                 barat

north                utara

south               selatan

southeast         tenggara

southwest        barat daya

northeast         timur laut

nortwest          barat laut

6 dari 7 halaman

Kosa kata bahasaInggris sehari-hari tentang penyakit

cough                 batuk

sprain                 keseleo

lame                   lumpuh

headache            sakit kepala

wound                luka

pimple                jerawat

dizzy                  pusing

fever                  demam

tootache             sakit gigi

stomachache      sakit perut

7 dari 7 halaman

Tips Belajar Bahasa Inggris

Setelah kamu mengetahui kosa kata bahasa Inggris sehari-hari, jangan lupa untuk terus belajar bahasa Inggris. Simak tips belajar bahasa Inggris di bawah ini.

1. Tetapkan tujuan

Memiliki tujuan yang jelas membantu kamu tetap fokus dan konsisten selama proses belajar. Menentukan tujuan bisa menjadi sebuah motivasi jika kamu mulai merasa kehilangan minat untuk belajar bahasa Inggris.

Kamu juga harus mengenali dirimu, bagaimana sistem belajarmu. Menciptakan suasana yang nyaman saat kamu belajar juga bisa membuat kamu lebih fokus dalam belajar.

2. Dengarkan. Berbicara. Membaca. Menulis. Ulangi.

Cara cepat belajar bahasa Inggris otodidak dengan kemajuan teknologi saat ini bisa dilakukan di mana saja, kapan saja. Bahasa Inggris ada di mana-mana. Ada di video online, saluran berita, di radio. Jadi mulailah mencari untuk memperbanyak kosa kata bahasa Inggris.

Kamu bisa lakukan dengan mulai sering mendengarkan percakapan bahasa Inggris di Podcast dan mendiskusikannya dengan temanmu. Atau kamu bisa belajar bahasa Inggris dengan menonton film dengan teks terjemahan yang melatih mendengarkan dan membaca pada saat yang bersamaan. Dan sesekali cobalah untuk menonaktifkan teks terjemahan.

3. Jangan takut salah

Setelah kamu melakukan ketiga hal di atas, saatnya kamu mempraktikan itu semua. Mulailah berbicara dengan teman menggunakan bahasa Inggris. Atau kamu bisa berteman dengan warga negara asing dan mulai mengobrol dengan mereka.

Tetap tenang dan jangan khawatir tentang tata bahasa. Ingat, bahkan mereka yang berbicara bahasa Inggris dengan lancar pun pasti pernah membuat kesalahan tata bahasa. Jangan takut melakukan kesalahan. Kamu sedang masa pembelajaran maka wajar saja jika kamu melakukan kesalahan.

4. Atur Jadwal Belajar

Berlatih setiap hari adalah kunci kemahiran bahasa Inggris kamu lebih lancar. Bahkan jika kamu hanya menghabiskan 20 menit untuk belajar, alih-alih satu jam, itu lebih baik daripada tidak sama sekali.

5. Pantang Menyerah

Tidak ada jalan pintas dalam hidup. Begitu juga dengan belajar bahasa Inggris. Tidak ada jalan pintas untuk belajar bahasa Inggris. Maka jangan pernah menyerah untuk terus belajar bahasa Inggris.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS