Sukses

Cara Menggambar Mata Anime Cewek, Cocok untuk Komikus Pemula

Liputan6.com, Jakarta Banyak hal positif yang bisa didapat dari mempelajari budaya negara lain. Tertarik dengan negara lain bukan berarti kehilangan jiwa nasionalisme. Pasalnya, banyak orang yang kini justru mendapat keuntungan berupa aspek materiil dari ketertarikannya dengan budaya negara lain.

Misalnya adalah mereka yang rupanya memiliki bakat menggambar karena suka menonton anime. Anime merupakan film animasi khas Jepang yang diadaptasi dari cerita manga alias komik Jepang. Karena ceritanya yang anti-mainstream, anime menjadi favorit banyak orang.

Alhasil, anime selalu ditunggu-tunggu mereka yang suka dengan budaya Negeri Bunga Sakura. Terlebih lagi, visualisasi yang ditampilkan pun sangatlah menyegarkan karena lukisan karakter yang terlihat nyata.

Maka tak heran jika penggemar anime tersebar di berbagai belahan dunia, tak terkecuali di Indonesia. Sudah lama televisi Indonesia menayangkan serial anime yang awalnya berupa anime lucu, yang sangat sesuai dengan selera anak-anak maupun remaja. Di era 90an, siapa sih yang tidak tahu Doraemon, Dragon Ball, Captain Tsubasa, dan One Piece.

 

2 dari 4 halaman

Perbedaan Anime dan Kartun

Namun, tidak sedikit orang yang keliru menyebut anime dengan sebutan kartun. Padahal, kedua istilah tersebut memiliki arti yang berbeda. Anime sebenarnya lebih cenderung ke cerita tentang kehidupan manusia, karena diadaptasi dari manga. Sebaliknya, kartun lebih sering menceritakan kisah hewan meskipun tidak jarang juga berisi tentang kisah manusia.

Terlepas dari perbedaan keduanya, biasanya banyak orang yang kagum dengan visual yang ditawarkan tokoh-tokoh di anime dan kartun hingga akhirnya tertarik untuk ikut menggambarnya.

Meski banyak orang yang terlahir dengan bakat menggambar, tidak sedikit orang yang rela belajar mengukir di atas kanvas demi menyalurkan hobinya menonton anime.

Salah satu yang paling susah digambar adalah bagian mata. Gambar mata anime yang identik dengan keunikan serta keindahannya. Alhasil, banyak yang penasaran tentang cara menggambar mata anime yang lekat dengan estetika.

Untuk itu, berikut Liputan6.com sajikan langkah lengkap cara menggambar mata anime yang dilansir dari Manga University, agar kamu tidak perlu bingung-bingung lagi, Rabu (27/2/2019).

3 dari 4 halaman

Siapkan Alat yang Dibutuhkan

Sebelum memulai cara menggambar mata anime, kamu harus menyiapkan alat-alat yang diperlukan, yaitu pensil, penghapus, dan kertas. Kamu bisa menggunakan kanvas seperti profesional ataupun kertas gambar biasa yang bisa kamu temukan di toko alat tulis terdekat.

Karena mata adalah bagian terpenting untuk menggambarkan suatu karakter. Khususnya dalam menunjukkan perasaan suatu karakter. Maka, kamu harus menentukan karakter seperti apa yang ingin kamu gambar, baik itu ceria, sedih, maupun marah. Selain mata, bibir juga menjadi salah satu bagian terpenting dalam wajah.

4 dari 4 halaman

Cara Menggambar Mata Anime Cewek

Namun, kali ini mata menjadi fokus utama dalam menggambar, karena bibir bisa mengikuti nantinya. Dalam kesempatan ini, kamu akan belajar cara menggambar mata anime perempuan.

Pertama, mulai menggambar mata bagian atas untuk mata anime perempuan yang berukuran besar. Gambar garis cembung ke atas dengan ujung kanan tebal, namun tipis di ujung kiri seperti yang terlihat pada gambar.

Jangan lupa bubuhkan alis mata lentik seperti alis mata perempuan. Karena ini mata kanan, kamu harus membuat ujung sebelah kiri menjulang sedikit lebih tinggi dari ujung kanan.

Kedua, gambar bagian bawah mata berupa garis-garis yang dikreasikan menjadi bulu mata lentik. Kamu dapat mengatur sendiri seberapa besar ukuran mata anime yang ingin kamu gambar. Panjang garis mata bagian bawah tidak sepanjang mata bagian atas, yang dapat kamu lihat di gambar.

Ketiga, setelah menggambar garis atas dan bawah, selanjutnya kamu gambar lingkaran lonjong untuk membentuk bola mata. Kamu dapat mengatur seberapa besar bola mata dan juga bentuknya. Namun, pastikan untuk menyondongkan bola mata bagian atas ke garis mata bagian atas saat mengikuti cara menggambar mata anime.

Keempat, gambar lingkaran yang menggambarkan pupil dan pantulan cahaya seperti yang terlihat pada gambar. Selain itu, biasanya mata anime terdiri atas shading. Khusus untuk mata anime perempuan, banyak terlihat bagian cemerlang yang menggambarkan sisi ceria.

Kelima, pertebal sketsa mata yang sudah kamu gambar menggunakan spidol atau pena khusus menggambar. Lalu, hapus sisa pensil yang terlihat untuk mempertegas mata yang telah kamu pertebal itu. Jangan lupa untuk menghitamkan bagian bola mata di luar area pantulan cahaya dan sklera yang berwarna putih.

Itulah cara menggambar mata anime perempuan sebelah kanan. Untuk mata sebelah kiri, kamu dapat mengikuti langkah di atas dengan arah yang berlawanan. Selain mata standar yang telah kamu gambar tersebut, kamu juga bisa mulai menggambar mata lain yang mewakilkan berbagai perasaan suatu karakter.