Sukses

Jerawatan dan Mood Swing? Ini 5 Cara Alami Seimbangkan Hormon

Hormon yang terganggu dapat menyebabkan banyak masalah seperti kenaikan berat badan, jerawat, dan perubahan suasana hati serta berbagai gangguan kesehatan lainnya.

Liputan6.com, Jakarta Kamu pasti sudah tahu kan kalau setiap orang pasti memiliki hormon? Hormon merupakan zat penting dalam tubuh yang bergerak di dalam aliran darah hingga ke jaringan otak. Hormon sendiri dapat memengaruhi sebagian besar fungsi organ tubuh.

Kelebihan hormon akan menimbulkan masalah bagi tubuh. Sebaliknya, jika tubuh kekurangan hormon juga akan menimbulkan gangguan sistem tubuh. Hormon yang terganggu dapat menyebabkan banyak masalah seperti kenaikan berat badan, jerawat, dan perubahan suasana hati serta berbagai gangguan kesehatan lainnya.

Maka dari itu penting untuk menjaga keseimbangan hormon pada tubuh. Terganggunya keseimbangan hormon dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti usia, kondisi medis tertentu, racun dalam tubuh, kelainan genetik dan masih banyak lagi.

Agar hormon dapat terjaga keseimbangannya, ada beberapa cara alami yang dapat dilakukan. Berikut cara alami menyeimbangkan hormon pada tubuh seperti Liputan6.com lansir dari Herbeauty, Selasa (12/2/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Konsumsi Probiotik

Probiotik adalah mikroorganisme baik yang bisa mendatangkan banyak manfaat sehat. Probiotik membantu menjaga keseimbangan bakteri baik dan jahat di saluran pencernaan.

Kesehatan usus memiliki peran besar dalam mengatur hormon dalam tubuh. Selain itu, probiotik juga membantu meningkatkan fungsi imun tubuh. Probiotik dapat ditemukan pada olahan yogurt.

3 dari 6 halaman

2. Stabilkan Gula Darah

Dengan menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh, secara tidak langsung dapat sangat membantu untuk menstabilkan ketidakseimbangan hormon juga.

Kadar gula darah yang normal berada pada ambang batas 4-8 mmol/l (70-150 mg/dl). Jumlah ini akan meningkat setelah makan dan biasanya berada pada level terendah di pagi hari. Jika kadar gula darah melonjak tinggi, tandanya kondisi tubuhmu bermasalah yang umumnya karena penyakit diabetes. Salah satu penyebab diabetes adalah hormon pada tubuh yang tidak seimbang.

4 dari 6 halaman

3. Beralih ke Makanan Organik

Hormon pertumbuhan pada tanaman atau daging, pestisida, dan pupuk sintetis dikenal sebagai faktor yang dapat menghambat hormon endokrin alami. Hormon penghambat ini mengandung bahan kimia yang membuat tubuh lebih sulit untuk memproses dan menghilangkan hormon sintetis yang mungkin dihasilkan oleh makanan ini.

Bahan-bahan organik akan jauh lebih baik dikonsumsi karena tidak mengandung hormon sintetis yang dapat menghambat pertumbuhan hormon alami tubuh.

5 dari 6 halaman

4. Tingkatkan Asupan Sayuran Brassica

Jenis sayur Brassica oleracea L. (suku kubis-kubisan atau Brassicaceae) meliputi sayuran seperti brokoli, kembang kol, kangkung, kubis, dan masih banyak lagi.

Sayuran-sayuran ini mengandung indole-3 carbinol yang merupakan penyeimbang hormon alami terbesar yang dapat memecah estrogen. Selain itu sayuran ini juga melakukan detoksifikasi alami pada tubuh.

6 dari 6 halaman

5. Tingkatkan Kualitas Tidur dan Kurangi Kafein

Kualitas tidur yang buruk sangat memengaruhi keseimbangan hormon. Kamu dapat mencoba mengonsumsi melatonin atau CBD.

Kurang tidur dapat mengganggu sistem endokrin. Semua ahli merekomendasikan untuk tidur selama tujuh sampai sembilan jam sehari.

Selain itu, terlalu banyak mengkonsumsi kafein juga akan meningkatkan kortisol, insulin, dan estrogen, serta menipiskan nutrisi seperti magnesium yang dibutuhkan hormon untuk keseimbangannya. Kamu dapat beralih dari kopi ke teh hijau.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.