Sukses

Jangan Salah Pilih, 5 Benda Ini Tak Cocok Jadi Kado Imlek

Lantas apa saja sih benda yang sebaiknya tak kalian pilih sebagai kado perayaan Imlek?

Liputan6.com, Jakarta - Besok kaum Tionghoa akan melaksanakan perayaan Tahun Baru Cina atau Imlek. Tentu banyak yang telah sibuk menghias rumah dengan berbagai pernak-pernik khas Imlek. Tak hanya itu, sebagian besar juga telah menyiapkan kado untuk kerabat yang turut merayakannya.

Nyatanya memilih kado untuk perayaan Imlek tak boleh sembarangan lo. Kalian harus memperhatikan nilai-nilai yang terkandung dalam budaya tersebut. Jika tak paham, bisa jadi kalian memilih kado yang tak tepat dan dipercaya akan membawa sial.

Lantas apa saja sih benda yang sebaiknya tak kalian pilih sebagai kado perayaan Imlek? Berikut rangkumannya.

1. Payung dan Benda Tajam

Payung dan benda tajam dianggap dapat memutuskan hubungan di dalam budaya Tionghoa. Maka ada baiknya kalian menghindari benda-benda tersebut untuk kado Imlek.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Bunga

Tentu hampir semua orang menganggap bahwa bunga merupakan simbol cinta. Oleh karena itu banyak dari kita yang memilih bunga sebagai hadiah dalam momen-momen tertentu. Namun jangan salah, dalam budaya Tionghoa bunga dianggap sebagai simbol kematian. Makanya ada baiknya jangan memilih bunga sebagai kado perayaan Imlek. Namun jika terpaksa, setidaknya pilihlah bunga berwarna merah karena dianggap sebagai simbol kemakmuran.

3. Sepatu

Memang banyak yang mengira memberikan hadiah sepatu merupakan ide yang bagus. Namun di budaya Tionghoa sepatu merupakan representasi kemalangan.

4. Jam Tangan

Ada baiknya kalian juga menghindari jam tangan sebagai kado. Pasalnya, pelafalan "memberikan jam tangan" dalam bahasa Cina terdengar sama seperti "menghadiri ritual pemakaman".

5. Benda Berwarna Hitam-Putih

Kalian wajib tahu, warna hitam maupun putih diyakini sebagai simbol dari nasib buruk dalam budaya Tionghoa. Maka sebaiknya kalian hindari kado ataupun kotaknya dengan berwarna hitam maupun putih. Kalian bisa memilih warna merah karena dianggap sebagai warna keberuntungan.

Reporter:

Fitriandiani

Sumber: Fimela.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.