Sukses

9 Jenis Kucing Peliharaan Terpopuler dan Bersahabat dengan Manusia

Liputan6.com, Jakarta Saat ini kucing menjadi hewan yang paling banyak dipelihara oleh masyarakat. Memelihara hewan peliharaan yang menggemaskan merupakan hal yang sangat menyenangkan bagi semua orang, terlebih bagi pecinta binatang. Melihat tingkahnya lucu dan menggemaskan dapat meningkatkan mood si pemiliknya.

Jenis kucing peliharaan merupakan salah satu hewan yang sangat lucu dan jinak. Dalam agama Islam sendiri kucing merupakan hewan kesayangan Rasulullah. Rasulullah bersabda “seorang wanita dimasukkan ke dalam neraka karena seekor kucing yang ia ikat dan tidak diberikan makan, bahkan tidak diperkenankan makan binatang-binatang kecil yang ada di lantai” (HR. Bukhari).

Jenis kucing peliharaan memiliki aneka ragam bentuk dan ras. Kucing yang dapat dipelihara biasanya cenderung memiliki bulu yang indah dan lebat. Karena keindahan bulunya, kebaikan sifatnya, serta karakteristiknya yang unik dan menarik, sehingga memang pantas dan tepat untuk dijadikan hewan peliharaan.

Nah, berikut ini Liputan6.com telah merangkum 9 jenis kucing peliharaan dari berbagai sumber, Senin, (7/1/2019).

2 dari 4 halaman

Jenis kucing peliharaan terfavorit

1. Kucing kampung atau domestik yang tidak terlalu mahal harganya

Salah satu jenis kucing peliharaan yang paling banyak di dunia ini adalah kucing domestik atau biasa disebut dengan kucing kampung. Siapapun tahu akan kucing satu ini. Mungkin karena sering terlihat di jalan jalan kota, gang deket rumah, bahkan lewat di depan rumahmu sendiri.

Kucing dengan nama ilmiah Felis silvestris catus atau Felis catus sudah berbaur dengan kehidupan manusia paling tidak sejak 6.000 tahun SM. Untuk harga dari kucing ini tidaklah terlalu mahal, bahkan bisa didapatkan gratis dengan menagdopsi kucing jalanan. Cukup siapkan saja makanan yang dicampur dengan irisan ikan, dijamin kamu bisa dengan gratis memelihara salah satu jenis kucing peliharaan ini.

2. Kucing Persia si hidung pesek berbulu lebat

Kucing Persia termasuk jenis kucing peliharaan yang terkenal akan rambutnya yang panjang, lebat, wajah bulat serta hidungnya yang pesek. Sesuai dengan namanya, kucing ras ini pertama kali ditemukan di Persia atau Iran.

Kucing Persia juga memiliki jenis diantaranya Persia Peaknose, Persia Flatnose, Persia Himalaya, dan Persia Medium. Karakter kucing lucu ini cenderung pendiam, penyayang, tidak terlalu aktif, dan setia. Untuk harga yang harus kamu keluarkan untuk satu kucing ini berkisar mulai dari Rp 500 ribuan – Rp 2 jutaan.

3. Kucing angora kucing tertua di dunia

Jenis kucing peliharaan selanjutnya ada kucing angora. Ciri ciri fisik pada kucing anggora umumnya sangat berbeda dengan kucing Persia, kucing anggira relatif berbadan sedang dengan bulu yang cukup panjang dan cantik. Tidak hanya itu kucing angora memiliki bentuk kepala segitiga mirip singa dan bentuk hidung yang cukup mancung serta bulu yang agak panjang di bagian lehernya.

Kabarnya kucing ini sangat sering dikaitkan dengan mitos dari legenda di wilayah asal Turki. Karakter dari kucing yang terkenal harus rajin dimandikan ini lebih terkesan anggun, lincah, energik, dan aktif. Untuk harganya sendiri berkisar di antara Rp 1 jutaan hingga Rp 2 jutaan.

3 dari 4 halaman

Kucing peliharaan unik

4. Kucing merah asli Kalimantan yang katanya sudah punah

Jenis kucing peliharaan ini Kucing ini termasuk salah satu hewan endemik dari Pulau Kalimantan. Keberadaannya sudah dikategorikan sebagai hewan yang hampir punah oleh International Union for Conservation of Nature (IUCN).

Seperti namanya, bulu kucing ini memang tampak kemerahan dan di dunia internasional lebih dikenal dengan nama Bornean Bay Cat karena keberadaanya tadi yang hanya ada di Pulau Borneo (Kalimantan). Walaupun sudah dianggap hampir punah, belum ada data yang pasti mengenai populasi kucing eksotis ini.

5. Kucing Siamese dari Negeri Gajah Putih, Thailand

Jenis kucing peliharaan yang satu in memiliki sejarah yang cukup panjang. Dulu, kucing Siamese ini mulai dikenal dunia saat kemunculan pertama kali di eropa, yang pada saat itu di berikan pada duta besar inggris di Thailand pada abad 18. Pola warna yang di miliki kucing siamese identik dengan colour point yang menggambarkan ciri khas kucing ini dengan karakter yang tubuh ramping, ekor yang panjang mata berawarna biru, ramah, suara lembut, cerdas, rasa ingin tahu, dan lincah. Harga anak kucing dari ras ini saja dapat menyentuh angka puluhan juta.

6. Kucing Bengal saudara dekat macan tutul

Jenis kucing peliharaan selanjutnya ada kucing bengal yang terkenal dengan ras kucing dengan bentuknya mirip dengan macam tutul. Walaupun kucing bengal identik dengan kucing hutan, namun kelompok kucing ini termasuk hewan yang banyak digemari untuk dijadikan hewan peliharaan karena tergolong hewan yang ramah tamah dan jinak. Mereka cenderung memiliki perilaku yang aktif, menariknya lagi kucing bengal tidak takut jika seluruh tubuhnya basah terkena air.

4 dari 4 halaman

Kucing peliharaan dengan harga fantastis

7. Kucing Sphynx

Kucing peliharaan ini dulunya pernah dibenci namun sekarang sangat digandrungi oleh banyak orang, salah satunya adalah artis Raditya Dika. Sphynx merupakan salah satu jenis kucing yang tergolong barang mewah. Harganya bisa mencapai Rp 15 juta per ekor.

Kucing sphynx merupakan jenis kucing yang memiliki bulu sangat pendek, kalo dilihat sepintas kucing tersebut tampak tidak memiliki bulu sama sekali. Namun jika diteliti lebih lanjut kucing ini ditumbuhi rambut halus di berapa bagian tubuhnya, seperti di telinga, kaki, ekor, dan organ vitalnya.

8. Kucing Manx si cantic yang tidak memiliki ekor

Jenis kucing yang satu ini sangat unik dengan ketiadaan ekor pada pantatnya alias bunting. Menurut sejarahnya kucing ini berasal dari britania raya yang di terkenal dengan nama island of man. Manks juga sangat dikenal sebagai kucing yang setia pada majikannya, mereka memiliki sifat yang cukup aktif dan senang sekali bermain di lingkungan tempat tinggal mereka.

Kucing ini umumnya tergolong sangat mahal harganya. Menurut informasi kucing jenis manx bisa mencapai harga Rp 40 juta pada bentuk kualitas maksimalnya.

9. Kucing savannah salah satu kucing termahal di dunia

Ini dia jenis kucing peliharaan yang katanya salah satu kucing dengan banderol harga termahal dunia. Savannah adalah kucing yang berpenampilan liar dan buas, akan tetapi kucing savannah adalah tipe kucing yang baik, bersahabat dan ramah.

Kucing jenis ini memiliki bulu yang tebal, berbadan besar, tinggi, lentur dan ramping. Harga kucing ras ini cukup mahal sekali, yaitu dapat mencapai Rp 343 juta rupiah dalam kualitas terbaiknya.

 

Reporter: Heri Setiawan