Sukses

Tata Cara Sholat Istikhoroh untuk Jodoh yang Tepat

Juga bisa untuk urusan bisnis.

Liputan6.com, Jakarta Sholat istikhoroh adalah sholat Sunnah yang dikerjakan ketika seseorang sedang bimbang untuk keputusan yang akan diambil. Tujuan dari sholat istikhoroh bertujuan untuk memohon petunjuk terbaik dari Allah SWT, ketika kita harus memilih sesuatu termasuk petunjuk tentang jodoh atau pekerjaan. 

Sholat istikhoroh dianjurkan melaksanakannya untuk segala urusan bersifat mubah seperti menikah, perdagangan, pilihan tempat menimba ilmu, perjalanan (safar) dan sebagainya.

Sholat istikhoroh umumnya dilaksanakan pada sepertiga malam, namun dapat pula sholat istikhoroh dilaksanakan pada waktu kapanpun jika pelaksanaan shalat istikhoroh sudah dihadapkan dengan urusan yang sudah mendesak.

Tata cara sholat istikhoroh sangat mudah seperti sholat sunnah pada umumnya, hanya saja niatnya yang berbeda.

Kali ini Kamis (1/17/2019) Liputan6.com membahas tentang tata cara sholat istikhoroh untuk jodoh.

Dengan mempelajari tata cara shalat istikharah untuk jodoh, diharapkan hati bisa menjadi lebih mantap dalam meminta petunjuk atau jodoh yang dirasa meragukan hati. Berikut penjelasannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tata Cara Sholat Istikhoroh Untuk Jodoh

Dari Shahabat Jabir bin ‘Abdillah radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata,

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, mengajari kami shalat istikharah dalam setiap perkara atau urusan yang kami hadapai, sebagaimana beliau mengajarkan kami suatu surah dari Al-Quran.

Secara umum, tata cara sholat istikhoroh untuk jodoh pada dasar nya sama persis dengan tata cara sholat lain nya. Satu – satu nya perbedaan yang membuat sholat istikhoroh menjadi berbeda dengan sholat lainnya adalah niat dan doa istikhoroh yang dibaca selepas mengerjakan sholat ini.

1. Bersuci, baik wudhu atau tayammum.

2. Niat sholat istikhoroh menentukan pilihanUshalli sunnatal istikhorooti rok’ataini lillahi ta’aala

Artinya/terjemahan bahasa Indonesia “Aku berniat sholat istikharah dua rekaat karena Allah Ta’ala.”

3. Selanjutnya, seperti shalat sunah biasanya. Hanya saja setelah Alfatihah pada rekaat pertama bacaan surat pendeknya Al Quran Surat Al Kafirun (qulya ayyuhal kafirun …) dan rekaat kedua setelah Al Fatihah adalah Surat Al Ikhlas (qul huwallahu ahad ..)4. Membaca doa sholat istikhorohDoa istikhoroh sebagai berikut:

“Allahumma inni astakhii-ruka bi ‘ilmika, wa astaq-diruka bi qud-ratika, wa as-aluka min fadh-likal adziim, fa in-naka taq-diru wa laa aq-diru, wa ta’lamu wa laa a’lamu, wa anta ‘allaamul ghuyub. Allahumma in kunta ta’lamu anna hadzal amro khoiron lii fii diinii wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii faq-dur-hu lii, wa yas-sirhu lii, tsumma baarik lii fiihi. Wa in kunta ta’lamu anna hadzal amro syarrun lii fii diinii wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii, fash-rifhu ‘annii was-rifnii ‘anhu, waqdur lial khoiro haitsu kaana tsumma ardhi-nii bih”

Artinya: “Ya Allah, aku memohon petunjuk memilih yang baik dalam pengetahuan-Mu, aku mohon ditakdirkan yang baik dengan kodrat-Mu, aku mengharapkan karunia-Mu yang besar. Engkau Maha Kuasa dan aku adalah hamba-Mu yang dhaif. Engkau Maha Tahu dan aku adalah hamba-Mu yang jahil. Engkau Maha Mengetahui semua yang gaib dan yang tersembunyi.

Ya Allah, jika hal ini (…) dalam pengetahuan-Mu adalah baik bagiku, baik pada agamaku, baik pada kehidupanku sekarang dan masa datang, takdirkanlah dan mudahkanlah bagiku kemudian berilah aku berkah daripadanya. Tetapi jika dalam ilmu-Mu hal ini (…) akan membawa bencana bagiku dan bagi agamaku, membawa akibat dalam kehidupanku baik yang sekarang atau masa yang akan datang, jauhkanlah ia dariku dan jauhkanlah aku darinya. Semoga Engkau takdirkan aku pada yang baik, sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Sebuah amalan sholat sunnah baru dianggap sebagai sholat istikhoroh jika selepas sholat orang yang mengerjakannya langsung membaca doa istikhoroh. Jika doa istikhoroh tidak dibaca, maka sholat sunnah tersebut akan menjadi sholat sunnah biasa atau pun sholat sunnah lain nya (sesuai dengan niat yang telah dilafazkan).

Demikian ulasan tata cara sholat istiqoroh untuk jodoh beserta doa yang dibaca. Semoga selepas membaca tata cara sholat istiqoroh untuk jodoh ini dan mempraktekannya, bisa mendapatkan petunjuk dan kemudahan dalam memilih maupun memutuskan suatu hal.

 

Reporter: Loudia Mahartika

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini